Home
news
Seleksi Pamong Kalurahan, Peserta Berharap Kredibilitas Panitia

Seleksi Pamong Kalurahan, Peserta Berharap Kredibilitas Panitia


Sabtu, 2021-06-05 - 08:27:13 WIB

Sebanyak 14 peserta calon pamong Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul mengikuti seleksi untuk formasi Kepala Urusan (Kaur) Pangripta (Bidang Perencanaan). Berdasarkan regulasi yang ada, pihak kalurahan menggandeng Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) sebagai pihak ketiga dalam menjalankan proses seleksi peserta.

Teguh Imam Satiyono, SH., MH., M.Sc selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) mengatakan, FH UWM kembali dipercaya kalurahan untuk menjadi pihak ketiga tim seleksi. Seharusnya seleksi diikuti 15 peserta namun satu peserta tidak datang karena alasan tertentu.

“Seleksi dilaksanakan di SMK N 2 Sewon dengan alasan efisiensi anggaran. Tim sudah terbiasa dengan seleksi pamong kalurahan. Rangkaian seleksi harus diikuti peserta diantaranya tes psikologi, tes tertulis, tes wawancara, tes praktik yang terdiri dari praktik IT dan pidato berbahasa Jawa,” kata Teguh, Kamis (4/6/2021).

Teguh menerangkan, hasil seleksi akan disampaikan pada hari itu juga kepada pihak kalurahan. Sebagai pihak ketiga, dirinya bersama pansel lainnya hanya berwenang menyeleksi dan merangking hasil seleksi peserta. Selanjutnya hasil perangkingan akan diserahkan kepada pihak Kalurahan untuk diputuskan.

FH UWM sudah kesekian kalinya dipercaya untuk menjadi pihak ketiga dalam proses seleksi pamong kalurahan. Peran tersebut terus dilakukan sebagai salah satu implementasi Tridharma perguruan tinggi. FH UWM terus berupaya memberikan kontribusi yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Catur Kristanto salah satu peserta mengungkapkan, dirinya merasa senang dengan proses seleksi dengan melibatkan pihak ketiga sehingga lebih menjaga kredibilitas. Pihak kalurahan dan kapanewon juga tidak ikut campur untuk menjaga kepercayaan dari masyarakat.

“Kami berharap pihak ketiga yang menjadi tim seleksi juga memiliki kejujuran, kredibilitas, dan tidak ada kolusi,” kata Catur.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita