Home
news
Debat Pelajar DIY Diharapkan Melatih Daya Kritis di Era Pandemi

Debat Pelajar DIY Diharapkan Melatih Daya Kritis di Era Pandemi

news Selasa, 2020-10-27 - 11:29:35 WIB

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-38 Universitas Widya Mataram (UWM) dan Fakultas Hukum (FH) UWM, kompetisi debat antar pelajar SMA/SMK/sederajat digelar di Pendopo Agung UWM pada Senin (26/10/2020). Sebagai penyelenggara acara, FH UWM mengangkat tema debat Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Transformasi Budaya dan Progresif di Era Pandemi.

Dekan FH UWM, Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum memberikan sambutan sekaligus apresiasi kepada para peserta yang siap berkompetisi sebagai bentuk melatih kemampuan generasi muda dalam mengemukakan pendapat.

“Debat ini sebagai ajang latihan para generasi muda untuk berargumentasi dan berpendapat. Ajang debat ini diharapkan dapat meningkatkan sikap dan pemikiran kritis para pelajar, terlebih di tengah kondisi pandemi seperti saat ini,” ucap Kelik.

Koordinator Kompetisi Debat, Gusti Fadhil F L, S.Sy., M.H, menuturkan ajang debat diikuti oleh 8 tim pelajar yang berasal dari 8 SMA/SMK/MA/sederajat di wilayah DIY. Para pelajar yang antusias mengikuti debat berasal dari SMA N 1 Yogyakarta, SMA N 1 Jetis, SMK Giri Handayani, MAN 1 Yogyakarta, MAN 3 Bantul, SMA N 1 Bantul, dan SMA N 10 Yogyakarta.

“Kompetisi debat ini untuk mengajak generasi muda berpikir kritis terhadap isu-isu sosial kemasyarakatan dan persoalan kebangsaan di tengah pandemi. Final akan berlangsung esok lusa, Rabu. Dari panitia akan memberikan piala, sertifikat, dan uang pembinaan kepada pemenang,” ucap Gusti. Dirinya juga menambahkan peserta pemenang juga mendapatkan jaminan diterima sebagai mahasiswa UWM pada periode pendaftaran mahasiswa baru yang akan datang.

©HumasWidyaMataram


Share Berita