Home
news
Ziarah ke Makam Pendiri Sebagai Pengingat Sejarah Berdirinya UWM

Ziarah ke Makam Pendiri Sebagai Pengingat Sejarah Berdirinya UWM

news Sabtu, 2023-09-16 - 13:18:27 WIB

Sivitas Universitas Widya Mataram (UWM) melaksanakan ziarah ke makam raja-raja Mataram di Imogiri pada Sabtu (16/9/2023). Ziarah telah menjadi kegiatan rutin setiap tahun menjelang Dies Natalis UWM. Kegiatan ini diikuti oleh para pimpinan universitas, fakultas, dan perwakilan mahasiswa baru. Tahun ini merupakan Dies Natalis ke-41 UWM dengan tema “Progresif Akseleratif Membangun UWM yang Kompetitif”.

Rektor UWM, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. mengemukakan bahwa ziarah dilakukan untuk mendoakan pendiri kampus untuk diterima amal ibadahnya disisi Tuhan dan diampuni dosa kesalahannya. “Nilai-nilai kearifan lokal yang merupakan karakteristik UWM harus dilestarikan, salah satunya melalui ziarah,” ungkapnya. UWM didirikan pada tahun 1982 oleh salah satu pahlawan nasional yaitu Alm. Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama KGPH Mangkubumi (sekarang: Sri Sultan Hamengku Buwono X).

Marthina Icapisa yang merupakan mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan kesan tersendiri. “Kami sebagai mahasiswa baru diajarkan tentang nilai budaya dan sekaligus terdapat nilai religius didalamnya. Masuk ke kompleks makam harus mengenakan busana adat yaitu busana peranakan untuk pria dan kemben untuk wanita,” kata Marthina.

 

Humas@UWM


Share Berita