Home
news
Workshop Kewirausahaan UWM: Tantangan dan Peluang bagi Mahasiswa Sosiologi

Workshop Kewirausahaan UWM: Tantangan dan Peluang bagi Mahasiswa Sosiologi

news Kamis, 2024-05-16 - 21:08:11 WIB

Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Widya Mataram (UWM) menggelar Workshop bertajuk "Kewirausahaan dan Pemasaran Online sebagai Profesi Masa Depan Lulusan Sosiologi" pada Kamis (16/05/2024) di Kampus Terpadu UWM pukul 13.00 – 16.00 WIB. Acara ini menjadi platform penting bagi 50 mahasiswa Prodi Sosiologi UWM yang hadir untuk memahami tantangan dan peluang dalam dunia bisnis modern.

Dengan tema yang relevan, workshop ini menghadirkan tiga narasumber yakni Antonius Satria Hadi, PhD., dari Prodi Kewirausahaan UWM, Alexander John Hartanto, seorang praktisi bisnis sukses dan Musicpreneur, dan Dr. AS Martadani Noor, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UWM. Moderator pada acara ini adalah Dr. Mukhijab, M.A., Ketua Prodi Sosiologi UWM.

Satria membuka sesi dengan menggambarkan kewirausahaan merupakan proses kreatif dan inovatif dalam menciptakan nilai dan memanfaatkan kesempatan bisnis dengan mengelola risiko, yang bertujuan memberikan manfaat kepada orang lain, membuka lapangan pekerjaan, serta menciptakan sesuatu yang memiliki nilai jual melalui inovasi dan keunikan. “Dalam dunia entrepreneurship juga dikenal istilah sociopreneur, yaitu bisnis yang tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi juga fokus pada unsur sosial demi kesejahteraan orang banyak”, pungkasnya.

Narasumber berikutnya, Alexander, memberikan wawasan praktis dengan berbagi pengalaman dan tips sukses dalam ekspor produk dan pemasaran digital. “Rekan-rekan mahasiswa jangan ragu memulai bisnis, jangan takut gagal, karena keberanian dan kreativitas adalah kunci kesuksesan”, imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Martadani membahas potensi lulusan Prodi Sosiologi UWM sebagai entrepreneur, dengan mempertimbangkan aspek sosial dan etika bisnis. “Penting bagi kita semua untuk memahami perbedaan kelas sosial dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar”, tambahnya.

Para mahasiswa yang hadir mengapresiasi keragaman perspektif yang diberikan oleh para narasumber, yang membuka pikiran mereka terhadap potensi karier di luar ranah akademis. Workshop ini adalah langkah awal dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja yang terus berkembang.

Melalui workshop ini, UWM menunjukkan komitmennya untuk menyediakan pendidikan yang relevan dan berorientasi pada praktik, yang mempersiapkan mahasiswa untuk sukses dalam karier mereka di masa depan.

©HumasUWM


Share Berita