Dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan, secara konsisten kelompok mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UWM angkatan 2022 telah membuat konten-konten digital seputar agenda dan informasi pada suatu destinasi pariwisata lokal yang dipublikasikannya dalam media sosial instagram. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan audiens dalam menemukan beragam preferensi berwisata di era jaman now, sebagaimana fenomena tingginya budaya search dan share di dalam ruang digital.
Dengan usia produktif sekaligus kebiasaan aktif bermedia digital, mereka diarahkan untuk bekerja sama dalam membuat akun alternatif guna mempromosikan, memasarkan hingga membranding apapun peluang dan daya tarik pariwisata yang berpotensi untuk dikunjungi oleh para calon wisatawan. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara mata kuliah Komunikasi Pariwisata di semester ganjil 2024/2025 sekaligus bagian proses dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Dyaloka Puspita Ningrum,S.I.Kom.,M.I.Kom dengan tema “Pemberdayaan Gen-Z sebagai Gerakan Masyarakat Sadar Wisata”.
Sebagai bentuk monitoring terkait pencapaian kegiatan yang telah dirancang sejak awal, kelompok mahasiswa ini secara bergantian, memaparkan projek kerjanya dan berdiskusi bersama mengenai pentingnya upaya konkrit dalam pertumbuhan maupun keberlanjutan industri pariwisata. Kegiatan ini juga mendorong terciptanya creative people dalam perencanaan hingga pelaksanaan dan pengembangan suatu daerah tujuan wisata terutama di wilayah DIY.