Home
news
Dosen Manajemen UWM: Budaya Berorganisasi untuk Meraih Kesuksesan Dini

Dosen Manajemen UWM: Budaya Berorganisasi untuk Meraih Kesuksesan Dini

news Jumat, 2023-09-15 - 17:34:39 WIB

Saat ini 62% lulusan perguruan tinggi bekerja di bidang yang membutuhkan gelar dan 27% lulusan yang bekerja pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan kuliah. Hal ini berarti bahwa persaingan di dunia semakin ketat. Hal ini disampaikan oleh Dr. Bangun Putra Prasetya, S.E., M.Sc., M.M. yang merupakan dosen Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM) dalam acara Studium Generale (SG) bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 pada Jumat (15/9/2023) di Kampus Terpadu UWM, Banyuraden, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) I, jajaran dekanat, pejabat, dan dosen di lingkungan FE UWM.
Bangun dalam presentasinya menyampaikan bahwa di dunia saat ini memerlukan beberapa hal. “Yang harus dimiliki di masa sekarang ini adalah capital yaitu modal atau keahlian, language yatu kemampuan komunikasi dengan beberapa bahasa, networking yaitu jaringan atau hubungan dengan banyak pihak, dan knowledge atau pengetahuan,” katanya.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa diperlukan beberapa karakteristik untuk memenangkan persaingan. “Kemampuan tersebut adalah communication skill, organizational skill, leadership, logic, effort, group skills, dan ethics,” ungkap Bangun.Mahasiswa juga harus aktif berorganisasi. Manfaat yang didapat dari berorganisasi adalah dapat memanajemen waktu maupun orang lain, hidup produktif, meningkatkan softskill, memiliki jaringan luas, dan menjadi popular atau terkenal.
Dengan berorganisasi maka akan menjadi sarana menuju kesuksesan. Beberapa tokoh memiliki definisi tentang kesuksesan. Bill Gates mendefinisikan kesuksesan merupakan kebahagiaan. Warren Buffet menggunakan tolok ukur kesuksesan dapat dilihat dari jumlah orang yang mencintai dirinya. “Ron Cordes mengartikan sukses sebagai jalan untuk menemukan dan menjalani tujuan hidup sehingga dapat meninggalkan warisan abadi yang bisa membuat perbedaan di dunia,” tutupnya.

Humas@UWM


Share Berita