Home
news
Pembelajaran Jarak Jauh, Dosen Harus Progresif dalam Proses Belajar Mengajar

Pembelajaran Jarak Jauh, Dosen Harus Progresif dalam Proses Belajar Mengajar


Jumat, 2020-03-20 - 10:59:49 WIB

 

Semakin merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19) tidak menyurutkan proses pembelajaran bagi Perguruan Tinggi (PT). Universitas Widya Mataram (UWM) telah memberlakuan kuliah daring (dalam jaringan) atau sistem e-learning sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan para dosen dan mahasiswanya dalam keberlanjutan proses pembelajaran.

Salah satu Dosen Fakultas Hukum (FH) UWM, Fuad, SH., MH., M.Kn mengajar mata kuliah Etika Profesi Hukum, dan Hukum Investasi dan Alih Teknologi menggunakan beberapa aplikasi seperti Youtube, video call, dan Zoom.

“Kuliah secara daring untuk mata kuliah ini baru perdana hari ini,” ungkap Fuad usai melaksanakan perkuliahan pada Kamis (19/3/2020).

Menanggapi kondisi mewabahnya Covid-19 ini, Fuad mengatakan, mahasiswa harus tetap mendapatkan haknya untuk belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Kegiatan belajar mengajar tidak boleh terhenti dengan alasan apapun, dosen harus bisa progresif dalam memodifikasi sarana dan prasarana apapun demi menunjang kegiatan belajar mengajar.

Di sisi lain, mahasiswa juga harus menyadari sepenuhnya bahwa keadaan saat ini menuntun mahasiswa untuk lebih proaktif melakukan pengayaan mata kuliah yang diajarkan. Hal itu juga didukung banyaknya sumber yang tersebar di internet sehingga para mahasiswa dapat mengaksesnya melalui ponsel pintar atau gawai.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita