Sejarah UWMY

Sejarah Singkat UWMY

UNIVERSITAS WIDYA MATARAM YOGYAKARTA didirikan pada 07 Oktober 1982 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama KGPH Mangkubumi (sekarang: Sri Sultan Hamengku Buwono X) sebagai pengejawantahan atas upaya pencerdasan kehidupan : BERBUDAYA, BERBANGSA dan BERNEGARA.

Berdirinya UWMY merupakan wujud nyata cita-cita HB IX (alm) dan HB X sebagai sumbangan kepada bangsa dan negara dalam era pembangunan.

Pengalaman Sri Sultan Hamengku Buwono IX ketika belajar di Belanda yang diteruskan kemudian dengan perjuangan kemerdekaan serta dilanjutkan keiikutsertaan beliau membangun Republik Indonesia baik semasa di Yogyakarta maupun di Jakarta, merupakan khasanah dan warisan pengalaman yang kemudian dijabarkan dalam pelbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor yang menjadi perhatian beliau adalah Pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, HB IX turut serta mendirikan cikal bakal Universitas Gadjah Mada dengan memberikan fasilitas lingkungan Kraton Yogyakarta sebagai tempat perkuliahan antara lain Pagelaran Kraton dan Dalem Mangkubumen. Keikhlasan beliau dan seluruh kerabat Kraton Yogyakarta merelakan lingkungan Kraton tersebut digunakan untuk kepentingan UGM mendapat sambutan yang baik ketika UGM mengizinkan dosen-dosennya ikut serta merintis, membangun dan mengembangkan UWMY.

Berdasarkan Akte Notaris Nomor 153 oleh Notaris R.M. Soerjanto Partaningrat, SH tertanggal 26 Mei 1982 terbentuklah Yayasan Mataram Yogyakarta (YMY). Untuk mengkoordinasikan kegiatan pendidikan, dibentuk pula suatu Badan Pelaksana yang disebut Perguruan Mataram Yogyakarta (PMY). Pada kamis Legi, 07 Oktober 1982 berdirilah Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

Untuk memenuhi syarat sebagai badan hukum sebagaimana dimaksud undang-undang yang berlaku maka telah diterbitkan Akta Anggaran Dasar Yayasan Mataram Yogyakarta Nomor 12 tanggal 23 Nopemebr 2011 yang telah diperbaharui dengan Akta Nomor 01 tanggal 02 Januari 2012 dan telah disyahkan melalui keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-173.AH.01.04 Tahun 2012.

Universitas Widya Mataram Yogyakarta memberikan kesempatan yang sama bagi semua potensi anak bangsa untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan tinggi. Pendidikan adalah hak setiap warga dimana negara berkewajiban menyediakannya. Pada pijakan yang sama, kita memiliki tanggungjawab yang sama untuk meningkatkan potensi sumberdaya manusia Indonesia. Dengan pendidikan kesempatan kita ciptakan untuk meretas bersama masa depan.

Semoga, Universitas Widya Mataram Yogyakarta bisa menjadi wadah bagi civitas akademika (dosen, pegawai, mahasiswa, alumni) khususnya, serta masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya untuk berbagi dan merentang tangan dalam satu irama : Untuk Indonesia!

Bagikan :

Agenda
Polling
Apakah informasi di website kami sudah lengkap..?

Legkap
Cukup Lengkap
Kurang Lengkap