Home
news
UWMY Jalin Kerjasama dengan Korea Selatan

UWMY Jalin Kerjasama dengan Korea Selatan


Senin, 2017-10-30 - 10:22:21 WIB

Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) bekerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dengan International Trade and Law Institute (ITLI) Korea Selatan. Penandatanganan naskah kerjasama telah dilakukan oleh Presiden ITLI, Prof. DR. Eun Sup Lee, dan Rektor UWMY, Prof. Dr. Mucshan, SH, pada hari Kamis, 13 April 2017 di kampus nDalem Mangkubumen Yogyakarta.

Kerjasama pendidikan antara lain dilakukan dalam pengembangan dual program tingkat sarjana dan program konsentrasi perdagangan dan hukum internasional pada 5 fakultas yang ada yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial Politik, Teknik dan Teknologi Pertanian. Selanjutnya kerjasama di bidang kebudayaan antara lain melalui pertukaran budaya Jawa dan Korea yang keduanya memiliki kesamaan atas kejayaan kerajaan di masa lalu.

Kerjasama yang terjalin tersebut akan memperkuat UWMY sebagai institusi yang memiliki visi “Menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis budaya”. UWMY sebagai institusi pendidikan, mempunyai komitmen menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang ilmu sesuai program studi (Prodi) yang diambil serta memiliki kelebihan karena mengutamakan budaya.

Budaya yang dimaksud bukan terbatas pada seni, tetapi yang dimaksud dengan berbasis budaya dalam visi UWMY adalah mengedepankan nilai-nilai luhur sebagaimana yang ditanamkan oleh para pendirinya (Alm Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan KGPH Mangkubumi yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono X), yaitu bermoral, bermartabat, dan beretika.

Moral, martabat, dan etika dalam kehidupan bermasyarakat saat ini merupakan sesuatu yang mahal. Padahal, untuk membangun bangsa yang maju dan unggul, nilai-nilai tersebut sangat menentukan. Melalui pendidikan, UWMY memberikan bekal kepada seluruh lulusannya dengan hard skill berupa ilmu yang bermanfaat dan soft skill berupa implementasi budaya.

Implementasi kerjasama tersebut diharapkan akan terealisasi dalam waktu 1 tahun kedepan. Sebelum mengunjungi Universitas Widya Mataram, ITLI telah memiliki pengalaman untuk berkolaborasi dengan universitas internasional dan pemerintahan di Amerika Serikat, Jepang, Cina, Belanda, Georgia, Perancis, Maroko, Malaysia dan Srilanka, memberikan program Sarjana / Master / Doktor di bidang Perdagangan dan Hukum Internasional, dengan reputasi dan pengakuan internasional. ITLI dan Profesor Lee telah terkenal di dunia dan diakui sebagai peneliti dan di lembaga bidang Perdagangan Internasional dan Hukum dengan kinerja penelitian yang prima. ITLI juga akan mengembangkan Program Perdagangan dan Hukum Internasional sebagai konsentrasi untuk semua siswa dari kampus dan program gelar sarjana ganda yang diharapkan akan memberikan kontribusi pada kegiatan internasional dari siswa serta meningkatkan kinerja akademis mereka. Kedua program akan disampaikan bekerjasama dengan universitas internasional yang memiliki program yang sama dari ITLI.


Share Berita


Komentari Berita