Home
news
UWM Ziarah Makam HB IX , Warisi Greget Memajukan Pendidikan Berbasis Budaya

UWM Ziarah Makam HB IX , Warisi Greget Memajukan Pendidikan Berbasis Budaya


Selasa, 2021-10-05 - 13:19:43 WIB

Dalam rangkaian dies-natalis Universitas Widya Mataram ke-39, sivitas akademika Universitas Widya Mataram melakukan ziarah ke makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX di komplek pesarean raja-raja Imogiri. “Ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang dan sekaligus mewarisi greget atau semangat Sri Sultan HB X , salah seorang pendiri UWM, dalam memajukan pendidikan nasional,” ujar rektor UWM Prof Edy Suandi Hamid yang memimpin rombongan ziarah yang diikuti semua Wakil Rektor, Dekan, perwakilan dosen dan mahasiwa, Selasa (5/10).

Dikemukakan, Sri Sultan HB IX merupakan tokoh yang banyak mendukung pendirian dan perkembangan UGM sampai akhir hayatnya, juga Bersama KGPH Mangkubumi (sekarang Sri Sultan HB X) 7 Oktober 1982 mendirikan UWM yang sampai saat ini perkuliahan utamanya di kampus Mangkubumen, yang juga digunakan FK UGM dan beberapa fakultas lainnya hingga 1981. “Kita juga berziarah ke makam Sri Sultan Hamengku Buwono VII, yang sebelumnya bernama Pangeran Adipati Anom yang saat itu sebagai putra mahkota bertempat tinggal di Mangkubumen ini,” ujar prof Edy.

“Oleh karena itu, kita jangan pernah merasa Lelah, apalagi menyerah, untuk mewujudkan . Almarhum HB IX berharap UWM bisa sebagai laboratorium pendidikan kebudayaan dalam arti luas. Karenanya visi UWM menegaskan sebagai Pendidikan berbasis budaya," ujar anggota Parampara Praja DIY dan mantan Rektor UII ini.

Tema Dies ke-39 ini adalah Hamemayu Hayuning Widya Mataram, yang juga diderivasi dari filosofi yang dipegang para pendiri UWM, Hamemayu hayuning Bawana. Ini diharapkan UWM ikut memelihara dan memperindah jagad raya ini dengan mengedukasi publik dan melahirkan insan berkualitas.

“UWM diharapkan mampu menghasilkan sarjana, calon pemimpin bangsa yang senantiasa memegang teguh prinsip hamemayu hayuning bawana menghasilkan pemimpin berwatak ksatria, yang berpegang ajaran moral sawiji (teguh, istiqomah), greget (spirit) dan sengguh ora mingkuh atau rendah hati dan bertanggung jawab,” ucap Prof Edy saat jelang berangkat Bersama acara ziarah tersebut.

Foto: Humas UWM


Share Berita


Komentari Berita