Home
news
UWM Mengadakan Tasyakuran Perolehan Akreditasi Prodi

UWM Mengadakan Tasyakuran Perolehan Akreditasi Prodi


Senin, 2018-04-02 - 16:11:26 WIB

 

Akreditasi tidak lain adalah proses validasi dari segala aspek yang dipunyai oleh Universitas/Program Studi, Universitas/Program Studi ingin memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Dengan hadirnya Akreditasi ini diharapkan masyarakat tahu persis tentang keberadaan kinerja Universitas/Program Studi, bukan janji manis pada saat penerimaan mahasiswa baru saja, tetapi keberadaan hakikat kinerja Universitas/Program Studi itu sendiri.

Pada hari ini, Senin (2/4/2018) menjadi hari bersejarah bagi Universitas Widya Mataram (UWM) karena telah mencapai peningkatan dalam hal akreditasi baik institusi maupun program studi. Program Studi yang baru-baru ini sudah turun akreditasinya adalah Program Studi Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara dan Sosiologi. Sebagai bentuk rasa syukur tersebut UWM mengadakan Tasyakuran bertempat di ruang Soekarno Nehru dan dihadiri oleh Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta, Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Lembaga, Dosen dan Karyawan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec memberikan ucapan selamat atas pencapaian akreditasi bagi ketiga Program Studi tersebut. Nilai yang didapat dari hasil penilaian Tim Assesor adalah cambuk untuk terus memacu peningkatan Universitas/Program Studi, tidak saja sarana pendidikannya, tetapi implementasi penggunaan sarana prasarana yang sudah disiapkannya.

Dari sisi perolehan skor Program Studi Akuntansi memperoleh nilai 340 hal ini merupakan perolehan yang luar biasa karena meningkat dari sebelumnya yang hanya memperleh skor 274. Program studi Ilmu Administrasi Negara juga mengalami peningkatan skor dari sebelumnya hanya 301 menjadi 350 yang hampir mendekati nilai A karena hanya kurang 11 point. Sementara itu Program Studi Sosiologi yang sebelumnya memperoleh skor 316 meningkat menjadi 348. Dengan perolehan skor bagi ketiga program studi di UWM tersebut maka sedikit lagi mendekati A.

Lebih lanjut lagi Rektor UWM mengatakan bahwa dengan perolehan nilai yang mendekati A tersebut semua wajib mensyukurinya, pangkal rasa syukur kepada Allah adalah dengan mengucap alhmadulillah (memuji Allah). Namun memuji Allah tidak semudah mengatakannya. Makna Alhamdulillah seyogyanya dihayati sehingga apa yang dilakukan betul-betul menjadi ibadah untuk meraih ridho Allah. Puncak rasa syukur dalam kaitannya dengan manusia adalah menggunakan dan memanfatkan segala yang dianugerahkan dari  Allah sesuai dengan petunjuk Allah. Sebagai wujud rasa syukur, semua harus bisa mempertahankan, menjaga nama baik dan bahkan meningkatkan prestasi-prestasi yang selama ini telah di peroleh.

Perolehan skor akreditasi tersebut menunjukkan bahwa tidak ada sesuatu yang tidak dapat dikerjakan asalkan ada kemauan, oleh karena itu untuk mewujudkan impian bagi semua warga Universitas Widya Mataram merapatkan barisan dan bergandengan tangan sembari mengharmosisasikan roda organisasi merupakan langkah yang ideal. Peningkatan skor ini bukti nyata bahwa harmonisasi dalam organisasi menghasilkan kinerja yang lebih baik karena dilandasi oleh: kerja iklas, kerja cerdas, kerja selaras, kerja mawas dan kerja tuntas dari semua unsur yang ada yang akhirnya nilai akreditasi dapat di peroleh sesuai harapan.

Dengan akreditasi menjadikan semua mengetahui peta keberadaan Universitas/Program Studi ditinjau dari semua aspek, sarana prasarana, pendidik, kinerja dengan segala rangkaian yang menyertainya. Hasil yang telah dicapai dapat digunakan untuk menjadi modal dalam pengembangan UWM. Harapannya adalah membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu Universitas/Program Studi dan rencana pengembangan ke depannya, menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, untuk selanjutnya dijadikan sebagai motivasi peningkatan mutu Universitas/Program Studi yang lebih kompetitif. ®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita