Home
news
UWM Melepas Mahasiswa Korea Peserta Korea Student Internship Program 2018

UWM Melepas Mahasiswa Korea Peserta Korea Student Internship Program 2018


Senin, 2018-02-12 - 08:53:59 WIB

  

Sebagai bentuk kerja sama internasional, Universitas Widya Mataram (UWM) kerap mengikuti Internship Program yang diadakan oleh berbagai pihak di luar negeri. Salah satunya bekerja sama dengan IKCS (Indonesia Korea Cultural Studies) dan dengan tiga universitas di Korea Selatan: Dong-A University, Busan University of Foreign Studies, dan Catholic University of Korea, mengadakan International Korea Student Internship 2018 Batch III.

UWM menerima mahasiswa dari dua universitas berbeda: Lee Sujin (Dept. of Europe Union, Busan University of Foreign Studies) dan Kim Hyemin (Bussiness Administration, Dong-A University). Selama tinggal di Yogyakarta, kedua mahasiswa tersebut mengikuti serangkaian kegiatan yang telah diagendakan oleh Universitas Widya Mataram, terutama berbagai kegiatan yang mengarahkan pada agenda kebudayaan Yogyakarta dan Nusantara secara umumnya.

Pada hari Kamis (8/2/2018), UWM secara resmi telah melepaskan kedua mahasiswa tersebut dalam acara Closing Ceremony International Korea Student Internship 2018 Batch III. Kedua mahasiswa tersebut telah berhasil menyelesaikan kegiatan pembelajaran bersama UWM dan akan kembali ke Korea Selatan melalui Jakarta pada esok Jumat (9/2/2018). Keduanya memberikan pidato dan salam perpisahan dalam bahasa Indonesia karena ingin memberikan penghormatan kepada Rektor, jajaran Wakil Rektor, Dekan, hingga kepala unit dalam UWM, sekaligus menghormati Negara Indonesia karena telah menerima mereka semua pada kesempatan tersebut.

Keduanya menyampaikan rasa terima kasih secara mendalam karena telah memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa selama di Yogyakarta, baik berupa berbagai pelajaran kebudayaan, maupun saat berkeliling dan menikmati berbagai wisata dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Keduanya mendapatkan pengalaman dan pengetahuan serta wawasan yang sangat banyak di berbagai kesempatan selama disini juga sekaligus berharap supaya dapat diberikan kesempatan kembali ke Yogyakarta dalam kesempatan berbeda di masa mendatang.

Melalui acara penutupan tersebut, Rektor Universitas Widya Mataram, Prof. Edy Suandi Hamid, M.Ec, menuturkan bahwa untuk terus memajukan profil dan identitas karakter UWM terbuka lebar melalui banyaknya kesempatan kerja sama internasional seperti ini. Prof. Edy Suandi Hamid berharap bahwa Universitas dan Fakultas maupun Prodi harus terus senantiasa memiliki upaya untuk memaksimalkan dan menghadirkan berbagai kerja sama internasional sepanjang tahun. Prof. Edy Suandi Hamid juga berpendapat bahwa perjalanan waktu Indonesia mendatang yang diizinkannya berbagai Perguruan Tinggi Asing untuk beroperasional di Indonesia terhitung tahun ini merupakan suatu bentuk kesempatan untuk terus menciptakan elaborasi kerja sama dengan perguruan tinggi dan sumber daya manusia di dalamnya, sehingga tercipta kualitas manusia yang semakin unggul bagi kedua institusi pendidikan di Indonesia. @HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita