Home
news
UWM Melakukan Program Pertukaran Budaya dan Kerja Sama dengan Politeknik METrO Kuantan

UWM Melakukan Program Pertukaran Budaya dan Kerja Sama dengan Politeknik METrO Kuantan


Senin, 2018-03-05 - 15:52:50 WIB

 

Program kerja sama antar institusi, baik dalam negeri maupun luar negeri patut dilaksanakan dan terus dikembangkan demi tercapainya kemajuan lembaga yang melakukannya. Dalam program kerja sama dengan institusi luar negeri, tidak jarang hal tersebut juga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki makna dalam pertukaran budaya asal negaranya. Demikian juga institusi yang menjadi tuan rumah kerap menampilkan pertunjukan yang bersifat tradisional juga untuk menunjukan kekayaan hasil budaya dalam daerahnya.

Pada hari Kamis (1/3/2018), Universitas Widya Mataram (UWM) menjadi tuan rumah dalam program kolaborasi dan kerja sama dengan Politeknik METrO Kuantan (PMKU), Pahang, Malaysia. Terdapat sejumlah 28 orang yang mengunjungi UWM, terdiri atas 26 mahasiswa Diploma Pengurusan Pelancongan dan dua orang sebagai Dosen Pembimbing Lapangan mereka selama di Yogyakarta, Zarina Binti Mokhtaruddin dan Zaihasra Binti Nordin

Acara berlangsung sejak setelah siang hingga sore bertempat di Pendopo Agung UWM. Jajaran Wakil Rektor hingga segenap Dekan dan Wakil Dekan dan organisasi kemahasiswaan di lingkungan UWM ikut menghadiri acara tersebut. Sebagai pembukaan dan menghormati tamu dari PMKU, UWM mempersembahkan Tari Golek Ayun-ayun sebagai tarian persembahan dan penyambutan selamat datang atas kedatangan mereka di UWM. Selanjutnya sambutan dan keynote speakers diberikan oleh Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP selaku Wakil Rektor I yang sekaligus mewakili Rektor UWM, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec yang berhalangan hadir karena kesibukan dalam agenda lainnya. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP memberikan presentasinya mengenai sejarah yang padat tentang nDalem Mangkubumen sebagai lokasi UWM saat ini, sejak digunakannya oleh Pangeran Adipati Anom sebagai rumah sekaligus tempat beliau menempa ilmu yang kelak menjadikannya sebagai Sultan Hamengku Buwono VII, dilanjutkan oleh penggunaannya menjadi kampus awal berdirinya Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Sultan Hamengku Buwono IX, hingga pada tahun 1982, UWM didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono IX bersamaan dengan Putra Mahkota, KPGH Mangkubumi yang kini bergelar Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Materi presentasi kedua dibawakan oleh Wakil Rektor III, Dr. Jumadi, SE., MM yang memberikan gambaran secara umum mengenai UWM: sejak berdirinya kampus, pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta, Jajaran Wakil Rektor yang sekarang, perkembangan fakultas terakhir, hingga kegiatan-kegiatan mahasiswa yang didukung penuh oleh kampus sebagai wahana kreativitas dan organisasi mahasiswa selama menuntut ilmu di UWM. Dr. Jumadi, SE., MM juga menyampaikan bahwa UWM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Kraton Yogyakarta yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Putra Mahkotanya yaitu KGPH Mangkubumi yang sekarang beliau bergelar Sri sultan Hamengku Buwono X dan sekaligus Gubernur DIY. Oleh karena itu pegawai atau dosen selayaknya juga sebagai abdi dalem yang mendermakan pengabdiannya pada Kraton Yogyakarta melalui UWM.

Pada kesempatan tersebut, sebagai ajang pelestarian budaya mahasiswa UWM juga menampilkan pertunjukan dengan tema Mataram Mantra yang dikemas dengan bentuk tari dan musik Jawa.

Sebagai penutup dari serangkaian kegiatan acara tersebut, kedua lembaga pendidikan: UWM dan PMKU melakukan penandatanganan pada nota kerja sama atau MoU. Penandatangan kerja sama antara Politeknik METro Kuantan yang diwakili oleh Zarina Binti Mokhtaruddin, dan pihak UWM yang diwakili oleh Dr. Jumadi, SE., MM bertujuan untuk bersama-sama melakukan pengembangan lembaga/institusi. Kerja sama antar kedua institusi akan menghasilkan karya dan menciptakan lulusan yang lebih memahami kondisi-kondisi global yang dimulai dengan pertukaran budaya terutama dimulai bersama dengan negara tetangga, Malaysia. Juga tidak lupa dengan masing-masing memberikan kenang-kenangan atas kedatangan dan terselesainya acara tersebut sebagai tanda kerja sama yang telah dilaksanakan oleh kedua institusi. ®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita