Home
news
UWM BANTU SENTRA WISATA KAJIGELEM

UWM BANTU SENTRA WISATA KAJIGELEM


Senin, 2019-09-16 - 16:41:21 WIB

 

Melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM), Tim Pengabdi dari Universitas Widya Mataram (UWM) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ambar Rukmini dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) telah membantu pembangunan sentra wisata Kajigelem. Kajigelem adalah akronim dari empat nama wilayah di Desa Bangunjiwo, yaitu Kasongan-Jipangan-Gendeng-Lemahdadi. Keempatnya merupakan pusat kerajinan yang potensial. Kasongan dengan keramik dan gerabah, Jipangan dengan kerajinan bambu (kipas dan hiasan rumah), Gendeng dengan kerajinan tatah sungging kulit (wayang), dan Lemahdadi dengan kerajinan patung batu (pahat dan cetak).

“Guna mengoptimalkan pengembangan industri kerajinannya, Desa Bangunjiwo membuat paket wisata Kajigelem,” kata Ambar pada Senin (16/9/2019).

Melalui paket wisata edukasi Kajigelem, Ambar mengatakan, diharapkan kunjungan wisatawan tidak hanya terfokus di Kasongan yang lebih dahulu terkenal, tetapi dapat merambah ke sentra kerajinan lainnya seperti Jipangan, Gendeng, dan Lemahdadi.

Menurut Ambar yang didampingi anggota timnya, yaitu Masrul Indrayana, ST, MT dan Yuliana Endah Widyaningsih, SE, MM, agar wisatawan dapat efisien memperoleh paket wisata tersebut, maka saat ini tengah dilakukan pembangunan sentra wisata Kajigelem; terletak di Sekarpetak RT 01, Pedukuhan Gedongan, Desa Bangunjiwo.

“Sentra wisata Kajigelem juga merupakan sentra wisata edukasi,” paparnya.

Di tempat tersebut, lanjut Ambar, wisatawan dapat secara langsung mempelajari dan praktek cara membuat kerajinan yang diinginkan gerabah/keramik, kipas atau hiasan dari bambu, tatah sungging kulit, dan juga patung batu). Pembangunan sentra wisata Kajigelem tersebut diperkirakan selesai pada bulan Oktober 2019.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita