Home
news
Sosialisasi BKD kepada Dosen UWM

Sosialisasi BKD kepada Dosen UWM


Jumat, 2018-02-02 - 19:45:49 WIB

 

Dalam rangka untuk penilaian kerja dosen Universitas Widya Mataram (UWM) dilakukan sosialisasi tentang pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) serta pelaporannya. Pada hari Jum’at (2/2/2018) sejumlah dosen di UWM mendapatkan penjelasan mengenai aplikasi BKD Dikti versi Agustus 2017. Dosen yang mengikuti acara tersebut merupakan dosen yang telah memiliki sertifikasi. Aplikasi BKD Dikti versi Agustus 2017 merupakan aplikasi baru yang berlandaskan beberapa aturan hukum yang prinsipnya sudah diresmikan. Dengan begitu maka untuk laporan BKD bagi dosen bersertifikasi menggunakan aplikasi tersebut.  

Acara sosialisasi dibuka oleh Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dengan diawali pengarahan. Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengatakan bahwa dengan sertifikasi dosen menunjukkan bahwa dosen harus profesional sehingga dianggap layak sebagai dosen dengan diimbangi hak yang akan diperoleh. Rektor UWM menandaskan bahwa dengan aplikasi baru ini bisa menjadi media untuk peningkatan kedisiplinan dalam administrasi sehingga akan berpengaruh pula terhadap kesejahteraan dosen.

Sosialisasi pengisian BKD dilakukan oleh Kepala LPM Yuliana Endah W, SE., MM. Menurut Penjelasannya sosialisasi dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari sosialisasi yang telah diberikan oleh Kopertis V DIY. Sosialisasi dilaksanakan untuk tujuan menjaga akuntabilitas kepada pemangku kepentingan terkait dengan kinerja perguruan tinggi.

Yuliana Endah W, SE., MM juga menjelaskan bahwa evaluasi dilaksanakan secara periodik yang artinya dilakukan pada setiap kurun waktu yang tetap. Perguruan tinggi dapat menentukan sendiri periode evaluasi bisa per semester maupun tahunan. jika diperlukan maka evaluasi beban kerja juga dapat dilakukan setiap saat, dengan catatan laporan kepada Dikti tetap dilakukan setiap tahun. Sedangkan untuk Pelaksana Tugas Evaluasi dilakukan oleh struktur kelembagaan yang ada dan melekat pada sistem di perguruan tinggi seperti Penjaminan Mutu, LP3I atau yang lain. ®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita