Home
news
Sosialisasi ASN Calon Purnakarya: Pensiun Tidak Perlu Ditakuti

Sosialisasi ASN Calon Purnakarya: Pensiun Tidak Perlu Ditakuti


Jumat, 2019-03-22 - 17:31:02 WIB

 

Masa pensiun bagi karyawan atau pegawai seringkali menjadi sisi lain dalam hidup yang terus ditakuti. Anggapan bahwa ketika pensiun adalah berakhirnya kesempatan untuk berkarya masih tertanam dalam pola pikir para pegawai yang hampir memasuki masa purnakarya di instansi tempat mengabdi. Kurangnya persiapan dalam menghadapi masa pensiun tersebut akan menjadi awal kegelisahan bagi para pegawai untuk memasuki masa purnakarya.

Menyikapi hal itu Bank BPD DIY berupaya memberikan pembekalan untuk harapan baru bagi ASN Calon Purnakarya di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Para calon Purnakarya diundang dan berkesempatan mengikuti Sosialisasi dan Edukasi yang digelar pada Jum’at (22/3/2019) bertempat di ruang Arjuna, Pemkot Yogyakarta. Narasumber yang dihadirkan dari Universitas Widya Mataram (UWM) yakni Dr. Jumadi, SE., MM (Dosen Fakultas Ekonomi) dan Cahya Purnama Asri, SE., MM (Dosen Fakultas Bisnis Kewirausahaan). Dalam acara tersebut hadir Pimpinan Bank BPD Cabang Senopati R.Wahyu Wijanarko dan Jiman,SH dari pihak Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) DIY.

Dalam pemaparannya Cahya Purnama Asri, SE., MM memberikan pemahaman kepada peserta tentang pensiun yang bukan akhir segalanya. Dalam mempersiapkan masa pensiun setidaknya harus merubah mindset. Para ASN Calon Punakarya harus siap pensiun, tetap bersemangat, harus sehat dan bugar, dan semakin memperbanyak aktivitas positif. Karir dimasa pensiun harus disiapkan sejak dini. Para peserta nantinya bisa memanfaatkan masa pensiun untuk berbagai aktivitas seperti investasi, entrepreneur, bisnis online/offline dan lainnya. Cahya juga menjelaskan bahwa menjadi entrepreneur juga sangat potensial mengingat saat ini jumlah penduduk Indonesia sangat besar, peluang market besar, daya beli masyarakat juga tinggi dan peluang strategis terbuka lebar untuk entrepreneur. Selain itu, bisnis online dan offline pun juga bisa dijadikan opsi bagi peserta kelak di masa pensiun. Dengan demikian pensiun tidak perlu ditakuti, justru akan semakin besar kesempatan untuk berkegiatan positif yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Disisi lain, Narasumber kedua Dr. Jumadi, SE., MM memberikan sentuhan rohani kepada para peserta. Dr. Jumadi mengawali dengan bercerita tentang pengalaman hidupnya untuk membuka harapan baru bagi peserta sehingga masa pensiun justru akan disambut dengan kegembiraan. Menghadapi masa purnakarya, para ASN harus menyiapkannya dengan berbekal pada lima kecerdasan atau yang sering disebut kecerdasan paripurna. Kecerdasan tersebut meliputi Spiritual, Emosional, Kultur, Sosial dan Intelektual yang disingkat SEKSI. Dengan beranjak dari lima kecerdasan tersebut, diharapkan para pegawai yang telah memasuki masa pensiun akan merasa sejahtera secara lahir dan batin.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita