Home
news
Silaturahmi Pemkab Bantul ke UWM Bicarakan Desa Wisata Halal Bangunjiwo

Silaturahmi Pemkab Bantul ke UWM Bicarakan Desa Wisata Halal Bangunjiwo


Selasa, 2018-12-04 - 16:03:51 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memberikan respon positif atas kerja keras Universitas Widya Mataram (UWM) yang telah menginisiasi Desa Wisata Halal di Desa Bangunjiwo. Pemkab Bantul dalam hal ini diwakili oleh Bambang Guritno, SH (Asisten Perekonomian dan Pembangunan) bersama dengan Drs. Mulyo Subagyo (Kepala Bagian Perekonomian Setda) berkunjung ke UWM pada Selasa (4/12/2018) dengan disambut Dr. Ir. Ambar Rikmini, MP (Wakil Rektor I) dan Dr. Jumadi, SE., MM (Wakil Rektor III) di ruang Rektorat.

Selain menyambung silaturahmi, kedatangan kedua pejabat Pemkab Bantul tersebut untuk membahas lebih jauh mengenai Wisata Halal di Desa Bangunjiwo. Wisata Halal tersebut merupakan hasil kemitraan UWM dengan pemerintah Desa Bangunjiwo melalui program yang didanai oleh Dikti.

Dalam penjelasannya saat dihubungi Humas UWM, Dr. Ambar menyampaikan bahwa sebelumnya Desa Bangunjiwo memang memiliki sentra kerajinan dengan potensi wisatanya, tepatnya di wilayah Kasongan, Jipangan, Gendeng dan Lemahdadi (Kajigelem). Melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang didanai Dikti, UWM bersama Pemkab Bantul berupaya untuk merealisasikan tujuan keempat wilayah tersebut menjadi destinasi wisata berkonsep halal.

Direncanakan pada tahun 2019 dilakukan pembangunan sentra wisata halal yang dimotori oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kajigelem. Launching sentra wisata halal di Desa Bangunjiwo tersebut ditargetkan dapat dilaksanakan pertengahan 2019. Pemkab Bantul bermaksud untuk memfasilitasi launching tersebut, sehingga program Desa Wisata halal benar-benar akan terwujud.

Menurut Dr. Ambar sebagai inisiator Desa Wisata, dengan sentuhan halal ini akan memberikan sisi positif dan ciri khas bagi Desa Bangunjiwo sendiri, sehingga akan semakin mengekspose desa Bangunjiwo kepada publik. Ciri khas tersebut juga akan menyedot minat wisatawan berkunjung ke Desa Bangunjiwo, dan tentunya akan mendongkrak kesejahteraan masyarakat.®HumasWidyaMataram

 


Share Berita


Komentari Berita