Home
news
Seleksi Perangkat Desa Bangunharjo, FH UWM Uji 4 Calon Dukuh

Seleksi Perangkat Desa Bangunharjo, FH UWM Uji 4 Calon Dukuh


Sun, 2020-11-08 - 20:33:32 WIB

Eksistensi seorang pemimpin merupakan kunci dalam menghadapi dan menciptakan perubahan. Pemimpin menjadi prasyarat mutlak untuk menggerakkan organisasi, institusi, perusahaan, maupun komunitas masyarakat. Kepemimpinan yang baik akan melahirkan kreativitas dan inovasi baru untuk pembangunan berkelanjutan dalam mencapai kemajuan. 

Dukuh menjadi salah satu bagian dari Perangkat Desa yang memiliki kewenangan di bawah kepemimpinan Kepala Desa (Kades). Sebanyak 4 Calon Dukuh Salakan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul mengikuti seleksi di Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) pada Minggu (8/11/2020).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Teguh Imam Satiyono, SH., MH., M.Sc mengatakan, FH UWM dipercaya untuk memfasilitasi seleksi dengan merujuk pada aturan yang telah ditetapkan yakni Perda Nomor 5 Tahun 2020 yang didalamnya ada beberapa perubahan dengan perda sebelumnya khususnya dalam hal pembobotan. Terkait perubahan itu juga telah disampaikan kepada pihak Panitia Desa Bangunharjo dan peserta. 

“FH UWM selalu memupuk hubungan baik dengan pemerintah desa maupun masyarakat dalam bentuk pendampingan, pemberdayaan dan pengabdian dosen, sehingga dari hal tersebut kami juga masih terus dipercaya menjadi fasilitator seleksi pamong desa,” kata Teguh. 

Dosen Hukum itu mengatakan, peserta yang diseleksi sebanyak 4 orang diantaranya Alinia Bela Muliawati, S.Pd., Ilham Gandha Irawan, Dion Eky Iswantoro, SE., dan Dimas Aga Bimatara. Sebelumnya ada 6 orang namun 2 diantaranya tidak lolos seleksi administrasi.

“Peserta harus mengikuti ujian psikotes, tes tertulis, tes praktek, dan tes wawancara. Tes Praktek mencakup praktek teknologi informasi dan pidato berbahasa Jawa. Hasil seleksi juga akan diserahkan pada sore hari ini” tutur Teguh. Dirinya juga menandaskan bahwa selama pelaksanaan seleksi tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

©HumasWidyaMataram

 


Share Berita


Komentari Berita