Home
news
Sarasehan Budaya dan Tumpengan menjadi Kearifan Lokal UWM

Sarasehan Budaya dan Tumpengan menjadi Kearifan Lokal UWM


Kamis, 2020-10-08 - 12:08:25 WIB

Universitas Widya Mataram (UWM) sebagai Peguruan Tinggi (PT) berbasis budaya turut menjadi bagian dari Tri Pilar Pembangunan DIY. Tri Pilar tersebut diantaranya pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata sehingga relevan dengan posisi kampus UWM di DIY, sebagai lembaga pendidikan yang berbasis budaya. Demikian disampaikan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec Rektor UWM dalam acara Sarasehan Budaya dan Tumpengan menyongsong Dies Natalis ke-38.

“Kita bisa merenung apakah kita sudah berkontribusi sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas sebagaimana ada didalam RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) DIY 2005 -2025, kita bertanggungjawab untuk itu, terlebih kita kampus yang dimiliki Kraton” kata Prof Edy Selasa (6/10/2020) di Pendopo Dalem Mangkubumen.

Pada usia ke-38 ini, Prof Edy mengatakan, sivitas akademika harus merenungi untuk memenuhi amanat RPJPD dan pendiri UWM. amanat akan menjadi ukuran ketika kita bicara nilai-nilai dan aturan moral. Dalam memenuhi cita-cita founding fathers UWM ini maka harus sawiji yang bermakna konsentrasi atau fokus, greget, mandiri, sengguh ora mingkuh, dan golong gilig.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-38, Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si menuturkan tradisi tumpengan menjadi salah satu kearifan UWM yang selalu menjadi mata acara wajib dalam perayaan dies UWM.

“Adanya tumpeng ini harapannya kita mencapai kesejahteraan hidup untuk sivitas akademika dan lulusan yang sudah dididik di UWM,” kata Puji. Tumpeng menggambarkan rasa syukur dan bahagia, karena sebentar lagi UWM genap 38 tahun. Nasi tumpeng menggambarkan kesejahteraan, menyiratkan harapan kesejahteraan hidup bagi sivitas dan semua lulusan yg telah dididik UWM.

Wakil Rektor III UWM itu mengatakan bahwa tumpengan juga sebagai wadah merekatkan rasa kekeluargaan dosen, tendik, dan mahasiswa di lingkungan UWM. Kekeluargaan dan keharmonisan Sivitas Akademika Widya Mataram menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan cita-cita Pendiri.

“Dalam rangka tumpengan ini kita berharap semua bahwa rasa kekeluargaan kita dosen, tendik, sivitas akademika yang ada di lingkungan UWM terbangun dengan baik, sehingga ke depannya terjalin komunikasi dan tercipta keharmonisan diantara kita. Melalui tumpengan kita berharap mendapatkan berkah,” ucapnya.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita