Home
news
Ruang Publik dan Pemanfaatannya

Ruang Publik dan Pemanfaatannya


Kamis, 2023-03-16 - 09:56:35 WIB

Area publik atau ruang publik adalah salah satu ruangan yang penting bagi penduduk perkotaan. Ruang ini digunakan sebagai tempat untuk beraktivitas bagi masyarakat baik secara individu maupun kelompok. Bentuk dan jenis ruang publik sangat tergantung pada pola dan susunan bangunan di sekitarnya. Demikian diungkapkan Ir. Y. E. Suharno, MT, IAI yang merupakan dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Widya Mataram (UWM) di Gedung FST UWM pada Rabu (15/3).

Ruang publik merupakan ruang di mana warga negara memiliki akses penuh untuk melakukan kegiatan publik secara mandiri, termasuk menyampaikan pandangan secara lisan atau tertulis. Meskipun beberapa ahli menyatakan bahwa ruang publik umumnya berupa ruang terbuka, ruang publik dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ruang publik tertutup (berada di dalam bangunan) dan ruang publik terbuka (berada di luar bangunan atau sering disebut sebagai open space). “Keberadaan ruang publik dalam studi kualitas ruang belum terwakili dengan baik karena komponen pembentuk ruang masih sederhana, seperti lantai yang terbuat dari tanah dan struktur bangunan dari bahan bambu,” kata Wakil Dekan I FST UWM ini.

Ruang publik merujuk pada ruang terbuka di luar bangunan yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk berbagai aktivitas. Contoh ruang publik meliputi jalan, pedestrian, taman lingkungan, plaza, lapangan olahraga, taman kota, dan taman rekreasi. Ruang terbuka dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu ruang terbuka umum yang mencakup jalan, pedestrian, taman lingkungan, plaza, lapangan olahraga, taman kota, dan taman rekreasi, serta ruang terbuka khusus seperti taman rumah tinggal, taman lapangan upacara, daerah lapangan terbang, dan daerah latihan militer.

Lapangan dan koridor/jaringan yang membentuk ruang publik merupakan elemen penting dalam perancangan kota untuk memastikan kualitas lingkungan ekologis dan sosial. “Kehadiran ruang publik yang terbuka sangat penting dalam meningkatkan kenyamanan hidup di daerah perkotaan dan menjadi isu global yang perlu diperhatikan,” tutupnya.

 

Humas@UWM


Share Berita


Komentari Berita