Home
news
Rektor UWM Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik untuk Selamatkan Lingkungan

Rektor UWM Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik untuk Selamatkan Lingkungan


Senin, 2019-09-16 - 14:51:05 WIB

 

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec menyampaikan akan terus melakukan hal-hal bermakna salah satunya dimulai dengan hal kecil untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi birokrasi Perguruan Tinggi (PT).

“Kita ingin menyelamatkan bumi dan lingkungan, save environment, menyelamatkan bumi dan lingkungan mulai dari lingkungan Universitas Widya Mataram dengan mengurangi penggunaan plastik,” ungkap mantan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) itu.

Hal itu disampaikan dalam forum penyerahan Surat Keputusan (SK) calon pegawai pada Senin (16/9/2019) di ruang Sidang Rektorat UWM yang juga dihadiri para wakil rektor.

Edy menjelaskan, langkah mengurangi penggunaan plastik ditempuh sebagai inovasi untuk meningkatkan efektivitas. Hal itu selaras dengan adagium filsuf Yunani Kuno bahwa tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri, sehingga UWM terus melakukan perubahan-perubahan untuk dapat diikuti masyarakat luas.

“Kalau kita berniat memajukan kampus ini, maka harus kita tanamkan kuat tujuan mencetak insan yang memiliki kualitas ilmu pengetahuan berbasis budaya,” kata Edy.

Para calon pegawai baik calon dosen maupun Tenaga Kependidikan (tendik), lanjut Edy, harus mengenali lingkungan kampus, pendiri, tujuan dan membangun kepedulian bahwa UWM merupakan kampus heritage yang telah dibangun sejak 1874. Mengenali tempat bekerja akan menumbuhkan sense of belonging.

“Dengan melakukan inovasi, bekerja ikhlas, produktif dan melakukan aktivitas yang memiliki nilai tambah, maka masa depan kita akan cerah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Edy memberikan stimulus bahwa menjadi dosen harus bercita-cita menjadi Guru Besar sehingga S3 mutlak untuk ditempuh sebagai salah satu syarat. Dalam prosesnya dosen harus menulis dan meneliti. Beliau juga berharap agar dosen tidak hanya transfer knowledge namun juga memberikan keteladanan berkaitan dengan disiplin waktu, dan kepatuhan mengikuti regulasi universitas.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita