Home
news
Rekonstruksi Konstitusi Lembaga, BEM UWM Gelar Kongres Mahasiswa

Rekonstruksi Konstitusi Lembaga, BEM UWM Gelar Kongres Mahasiswa


Sabtu, 2019-01-05 - 23:19:10 WIB

 

Kegiatan ekstra bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi (PT) menjadi modal penting bagi mahasiswa dalam mematangkan kemampuan non akademik. Kemampuan softskills menjadi bagian dari capaian kegiatan ekstra sehingga pada saat mahasiswa terjun ke masyarakat dan dunia kerja telah siap beradaptasi dan mengambil peran untuk menjadi agent of change. Lembaga kemahasiswaan di lingkungan PT menjadi wadah untuk membekali kemampuan mahasiwa. Sebagaimana lembaga kemahasiswaan di Universitas Widya Mataram (UWM), Badan Eksektif Mahasiswa (BEM) UWM menjadi garda depan organisasi kemahasiswaan.

Sebagai langkah mendorong keaktifan lembaga kemahasiswaan, BEM UWM menggelar kongres mahasiswa. Kongres dilaksanakan untuk menyusun konstitusi lembaga kemahasiswaan yang nantinya akan menjadi dasar dalam pelaksanaan pemilihan Ketua BEM UWM periode 2019/2020.

Kongres mahasiswa dilaksanakan pada Sabtu (5/1/2019) di Wisma Kaliurang dengan tajuk Rekonstruksi Konstitusi Lembaga Kemahasiswaan Demi Tercapainya Lembaga yang Berkarakter dan Demokratis. Hadir dalam kongres tersebut antara lain Rektor, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Ekonomi dan Kepala Biro III. Kegiatan tersebut melibatkan para pengurus BEM UWM, Delegasi BEM Fakultas dan Delegasi UKM.

Ketua panitia, Nur Asiseh menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta kongres yang sudah bersedia terlibat. Nur berharap kongres dapat berproses dengan baik sesuai ketentuan yang ada.

Sementara itu Ketua BEM UWM Rahmad MD mengatakan bahwa kegiatan kemahasiswaan di UWM mengalami pasang surut perkembangan dalam prosesnya. Kongres merupakan salah satu rangkaian untuk pencapaian sehingga harapannya akan ada perubahan pada periode yang akan datang dengan ditandai lahirnya sistem ideal. Selain itu Rahmad juga berharap kongres juga memiliki makna utk menghasilkan kedaulatan dalam berkonstitusi,menghindari ego sektoral dan konflik organisasi. Kongres akan berujung pada pelaksanaan pemilu mahasiswa pada 15 Januari 2019 mendatang.

Dalam sambutan membuka acara, Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mendorong mahasiswa untuk aktif berkegiatan sebagai aktivis. Prof. Edy mengajak para mahasiswa menjadi aktivis yg baik sehingga bisa memberikan pemikiran konstruktif dan memberikan jalan keluar atas permasalahan yang ada. Dalam merekonstruksi konstitusi sebagaimana tajuk kongres, maka harus dikaji lebih dalam dengan memahami acuan pokok regulasi yg berlaku. Pada pelaksanaan election nantinya diharapkan mahasiswa dapat memilih pemimpin yang berpengaruh, berkomitmen, berintegritas dan berkompeten.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita