Home
news
Raker UKM PMK Paskah, Harus Ada Konsistensi antara Perencanaan dan Pelaksanaan

Raker UKM PMK Paskah, Harus Ada Konsistensi antara Perencanaan dan Pelaksanaan


Rabu, 2019-11-27 - 16:59:44 WIB

 

Setiap organisasi yang akan melakukan kegiatan idealnya membuat rancangan program kegiatan atau perencanaan. Perencanaan yang baik harus SMART yakni specific measureable, realistic dan timeable. Demikian disampaikan Wakil Rektor III Dr. Jumadi, SE., MM dalam sambutan acara Rapat Kerja (Raker) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PMK PASKAH Universitas Widya Mataram (UWM) pada Sabtu (23/11/2019) di ruang Soekarno Nehru. Dosen pembina UKM PMK PASKAH juga hadir dalam acara yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut.

“Tips yang paling mudah dalam merealisasikan perencanaan adalah menuliskan yang akan anda lakukan dan melakukan yang sudah anda tulis. Dengan hal tersebut maka akan ada konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan. Itulah tanda-tanda keberhasilan suatu kegiatan,” terang Jumadi.

Perencanaan yang baik, Jumadi melanjutkan, akan mengurangi resiko ketidakberhasilan dan kekhawatiran karena keberhasilan perencanaan berarti separuh keberhasilan dari kegiatan.

Sementara, Dosen Pembina UKM PMK PASKAH Dwi Astuti, S.Sos., M.Si mengatakan belajar dari firman Tuhan yang dijadikan sebagai tema yaitu diambil dari 1 Korintus 15:33 yang maknanya Janganlah kamu sesat: pergaulan yang buruk bisa merusakkan kebiasaan yang baik.

“Saya mengambil ayat yang dijadikan sebagai tema pada Raker kali ini karena sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Ayat yang dijadikan sebagai tema dalam raker ini bisa semakin dilengkapi dengan firman Tuhan dalam Lukas 21 : 15-19. Cesara garis besar keduanya berbicara tentang hal yang sama, yaitu bagaimana perkembangan jaman telah menyajikan kepada kita persolan-persoalan yang semakin beragam, pilihan-pilihan yang semakin kompleks. Jaman menampatkan kita sebagai anak Tuhan, pada posisi yang tidak mudah menetapkan pilihan. Berbagai godaan, seperti gaya hidup, gaya pergaulan, dan lain sebagainya, menempatkan kita dalam posisi yang kadang tergoda untuk memilih pilihan yang tidak sesuai dengan ajaran Tuhan,” jelas Dwi Astuti.

Pekembangan jaman yang semakin kompleks, lanjut Dosen Sosiologi yang akrab disapa Asti itu, tidak hanya dihadapi oleh individu tetapi juga oleh kita sebagai persekutuan, seperti organisasi UKM PMK PASKAH. Layaknya seorang individu, organisasi juga memiliki visi, misi dan cita-cita. Ditengah perubahan waktu dan perkembangan jaman, organisasi pun ditantang untuk bisa memilih jalan yang dan pilihan yang tepat untuk tetap bisa mencapai tujuan awalnya.

“Kedua firman diatas bisa dijadikan pengingat bagi kita sebagai individu dan organisasi untuk tetap bisa berjalan di jalan yang benar dalam menghadapi perkembangan jaman,” kata Asti.

Diakhir sambutannya, Asti berharap UKM PMK PASKAH tetap bisa menjadi sarana dan rumah bagi mahasiswa UWM untuk bisa mencapai tujuan dan cita-cita yang diharapkan. Dengan program-progtam yang nanti ditetapkan, harapannya tetap teguh pada visi, misi dan cita-citanya. Mahasiswa juga harus menghindari kekhawatiran dalam menghadapi perkembangan.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita