Home
news
PRADIKLATSAR Angkatan III, Calon Anggota SATMABHARA UWM Ikuti Penggemblengan

PRADIKLATSAR Angkatan III, Calon Anggota SATMABHARA UWM Ikuti Penggemblengan


Senin, 2019-12-02 - 09:03:19 WIB

 

Upacara pembukaan Pra Pendidikan dan Latihan Dasar (PRADIKLATSAR) bagi Calon Anggota (Cata) Resimen Mahasiswa SATMABHARA digelar pada Jum’at (29/11/2019) di Lapangan Satbrimob Den A Gondowulung Yogyakarta. Turut hadir dalam acara Wakil Rektor III Universitas Widya Mataram (UWM), Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind, Pembina UKM Satmabhara UWM. 

Wakil Rektor III UWM Dr. Jumadi, SE., MM mengatakan PRADIKLATSAR SATMABHARA merupakan latihan dasar bagi Cata SATMABHARA yang bertujuan memberikan tidak hanya secara fisik tetapi juga pembekalan mental untuk menjadikan anggota tangguh. Selain itu PRADIKLATSAR juga memberikan pembekalan soft skills

“Dengan beberapa pembekalan tersebut diharapkan anggota SATMABHARA memiliki rasa kepercayaan diri, integritas dan menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan utuhnya NKRI, selain anggota bisa siap dalam mengarungi berbagai tantangan dalam kehidupan baik saat studi maupun setelah lulus,” kata Jumadi.

Acara resmi dibuka oleh Cahyo Wicaksono, SH Pelaksanan Sementara (PS) Kasubditbintibsos Polda DIY mewakili Dirbinmas Polda DIY. Dalam sambutan yang dibacakan Polri menyadari pentingnya peran serta mahasiswa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat terutama di lingkungan kampus. Dengan kondisi keamanan dan ketertiban yang baik maka akan berdampak positif juga dalam proses belajar mengajar. 

Kegiatan PRADIKLATSAR, lanjut Cahyo membacakan sambutan, digelar sebagai media berlatih dan wujud peranan POLRI dalam menggembleng Cata dan menanamkan pendidikan karakter. Melalui Resimen Mahasiswa SATMABHARA diharapkan dapat menjadi wadah mengembangkan potensi diri untuk menanggulangi terjadinya tindak pidana demi masa depan Indonesia yang lebih baik. PRADIKLATSAR lebih memberikan penekanan dalam peningkatan kemampuan soft skills dibanding kemampuan hard skills. Dengan pelatihan soft skills tersebut diharapakan mahasiswa akan mampu menciptakan situasi kondusif dimanapun mahasiswa berada. 

“Dalam PRADIKLATSAR Angkatan III ini, Polda DIY memberikan apresiasi positif kepada UWM, IST Akprind dan Stipram atas suksesnya acara dan keberlanjutan Resimen Mahasiswa SATMBAHARA,” katanya. 

Adanya SATMABHARA, lanjut Cahyo, diharapkan dapat lebih meningkatkan kerjasama dimasa yang akan datang bagi pihak kampus dan POLRI. Sementara acara penutupan dilakukan pada Sabtu (30/11/2019) di lokasi yang sama. 

Salah satu Cata dari UWM Umar Ma’ruf mengatakan dirinya mendapatkan pelajaran penting terutama kedisiplinan selama mengikuti serangkaian acara PRADIKLATSAR. Ia berharap Resimen Mahasiswa SATMABHARA akan terus berkembang. 

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita