Home
news
Penyuluhan Hukum kepada Lembaga Pendidikan Islam Nabila

Penyuluhan Hukum kepada Lembaga Pendidikan Islam Nabila


Senin, 2021-08-23 - 17:37:09 WIB

Pengurus Lembaga Pendidikan Islam Nabila di Sleman berkesempatan mendapatkan penyuluhan hukum tentang Sinergisitas Pendidikan Pancasila dan Hukum Kenegaraan di Lembaga Pendidikan Berbasis Agama. Dua materi tersebut disampaikan oleh Bagus Anwar H, S.H., M.H., M.Sc Dosen Program Studi (Prodi) Hukum Universitas Widya Mataram (UWM) secara terbatas pada Sabtu (7/8/2021) di halaman gedung Lembaga Pendidikan Islam Nabila.

“Lembaga Pendidikan Berbasis Agama menjadi salah satu pendidikan formal yang ada di Indonesia dengan jumlah peminat peserta didik yang cukup banyak. Dengan adanya penerapan model sistem kegiatan pembelajaran Agama dan Umum, maa perlu memantapkan dan melalukan sinergi dengan Agama, Pancasila dan Hukum Kenegaraan,” papar Bagus.

Acara terlaksana atas kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Islam Nabila. Penyuluhan hukum dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dan jumlah peserta terbatas.

“Korelasi antara negara dan agama menjadi bahan yang sejak dulu selalu diperbincangkan dan diperdebatkan, yaitu berkaitan dengan faham, ideologi serta haluan yang digunakan dalam sosial kemasyarakatan,” kata Bagus.

Bagus menjelaskan, pendidikan kenegaraan sendiri sebenarnya dikembangkan di berbagai negara, tentunya disesuaikan dengan aturan kewarganegaraan di masing-masing negara. Dalam bahasa lain sering disebut civic education, citizanship education dan ada pula yang menyebut democracy education.

“Penyuluhan hukum ini ditujukan kepada Lembaga Pendidikan Islam Nabila yang bernaung di bawah Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal ini sebagai sarana untuk memberikan pemahaman dan nantinya diaplikasikan pada peserta didik maupun pengelola lembaga,” pungkasnya.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita