Home
news
Penguatan Brand Desa melalui Pendampingan Remaja dalam Penggunaan Medsos

Penguatan Brand Desa melalui Pendampingan Remaja dalam Penggunaan Medsos


Rabu, 2019-07-03 - 10:30:51 WIB

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Widya Mataram (UWM) menggelar workshop bertajuk Penggunaan Media Sosial sebagai Penguataan Brand Desa pada Minggu (23/6/2019) berlokasi di Kampung Seni Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Kegiatan yang merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan oleh beberapa dosen Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom). Kegiatan menyasar remaja yang merupakan motor pengerak desa.

Menurut Latifa Zahra, S.I.Kom., MA Ketua Prodi Ilkom, media sosial (medsos) adalah media yang massif, hampir seluruh orang menggunakan dan mengonsumsi media sosial setiap saat untuk penggalian informasi.

“Melihat besarnya pengaruh media sosial terhadap kehidupan bermasyarakat, maka penggunaan media sosial tentu dapat dimaksimalkan menjadi sebuah senjata dalam membangun ataupun menguatkan brand”, kata Latifa.

Sementara itu, Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto, S.I.Kom., MA Dosen Prodi Ilkom mengatakan Nitiprayan memiliki brand sebagai kampung seni, namun sayangnya brand tersebut belum secara maksimal diperlihatkan oleh masyarakat secara luas.

“Potensi seni dan budaya yang dimiliki kampung ini sangat menjanjikan untuk diperlihatkan kepada masyarakat luas sehingga Nitiprayan benar-benar menjadi kampung seni dan dapat menarik wisatawan untuk berwisata ke desa”, tutur Bagus.

Lebih dalam Latifa menjelaskan tanpa mengesampingkan kalangan masyarakat yang lain, remaja adalah masyarakat yang sangat fasih dalam berselancar di media sosial. Hanya dalam waktu singkat, remaja dapat belajar dan menguasai sebuah aplikasi. Upaya menggaet remaja Nitiprayan bertujuan agar pengabdian kali ini mendapatkan hasil yang maksimal.

Pengabdian kali ini, tambah Latifa, merupakan rangkaian pengabdian yang diadakan secara berkelanjutan bersama dengan Tommy Satriadi Nur Arifin S.I.Kom., M.A dan Shulbi Muthi Sabila Salayan Putri S.I.Kom., M.I.Kom yang merupakan dosen prodi ilkom juga. Pendampingan secara berkala akan dilakukan kepada remaja Nitiprayan sehingga pelatihan yang telah diadakan tidak hanya menjadi pelatihan, namun dapat memiliki manfaat lebih bagi masyarakat di Nitiprayan.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita