Home
news
Pemeringkatan Webometrics Jadi Benchmark Bagi Kampus

Pemeringkatan Webometrics Jadi Benchmark Bagi Kampus


Sabtu, 2020-02-08 - 17:58:09 WIB

Jakarta:   Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Edy Suandi Hamid mengatakan, bahwa pemeringkatan Webometrics bisa menjadi benchmark atau tolok ukur bagi perguruan tinggi. Sehingga bisa mengetahui posisi perguruan tinggi ada di mana dan apa yang mesti ditingkatkan.

“Misalnya, dalam Webometrics yang terbaik adalah UI, Gadjah Mada (UGM), kampus lain bisa mengetahui saya terlalu jauh, supaya bisa memperbaiki agar jadi bagus itu,” terang Edy saat dihubungi Medcom.id, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

Ia juga menyebut, dengan Webometrics mendorong perguruan tinggi produktif menghasilkan karya ilmiah. Kemudian terindeks Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. Itu masuk dalam aspek penilaian Excellence.

“Itu kan menunjukkan lingkungan kampus menulis karya ilmiah yang dibaca orang apa enggak, artinya tugas perguruan tinggi juga share ilmu pengetahuan, menguji ilmu pengetahuan. Ini jelas memberikan manfaat, lembaga pemeringkat juga mendorong perguruan tinggi melaksanakan misinya,” terang Mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) ini.

Mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) ini pun menegaskan, bahwa hasil pemeringkatan bukanlah tujuan akhir. Melainkan untuk menunjukkan ke publik bahwa manajemen perguruan tinggi tersebut baik.

“Itu bukan tujuan, itu untuk mendapatkan pengakuan dari publik, bahwa manajemen perguruan tinggi  itu baik, melaksanakan pendidikan, melaksanakan riset dan lulusan terserap pasar, misalnya,” ujar Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah ini.

Ia pun menilai, bahwa penilaian yang dilakukan Webometrics cukup akurat dan tidak bias.  Pasalnya, fakta di lapangan memang menunjukkan bahwa perguruan tinggi yang masuk dalam tiga besar Webometrics 2020, mulai dari UI, UGM dan ITB sudah diakui oleh masyarakat kualitasnya.


Telah dimuat pada laman https://m.medcom.id/amp/wkBY9Ggb-pemeringkatan-webometrics-jadi-benchmark-bagi-kampus-medcom-id


Share Berita


Komentari Berita