Home
news
Pelepasan Calon Wisudawan Fisipol, Rektor UWM Ajak Alumni Berkontribusi dalam Pembangunan Kampus Baru

Pelepasan Calon Wisudawan Fisipol, Rektor UWM Ajak Alumni Berkontribusi dalam Pembangunan Kampus Baru


Jumat, 2021-03-19 - 08:03:17 WIB

Lulusan perguruan tinggi menjadi salah satu pilar utama dalam perkembangan dan kemajuan almamater sehingga kontribusi lulusan sangat diperlukan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menentukan klaster perguruan tinggi salah satunya berdasarkan hasil tracer study terhadap alumni. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) dalam sambutan acara Pelepasan Calon Wisudawan Wisudawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Kamis (18/3/2021) di salah satu Resto Yogyakarta.

Pelepasan diikuti calon wisudawan wisudawati Fisipol sebanyak 31 orang terdiri dari prodi Administrasi Publik 20 dan Sosiologi sebanyak 11 orang. Turut hadir dalam acara tersebut pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan Fisipol.

“Saudara harus tetap membangun komunikasi dengan fakultas. Insya Allah tahun ini UWM akan membangun gedung, sehingga kontribusi alumni juga dibutuhkan dalam rencana pembangunan tersebut,” ajak Prof Edy.

Anggota Parampara Praja Pemda DIY itu juga berharap calon wisudawan wisudawati Fisipol tidak melupakan almamater yang telah membesarkan. Lulus dari Fisipol UWM harus memiliki confidence dan tetap menjalin silaturahmi dengan sesama alumni, fakultas dan universitas.

Dr. AS Martadani Noor, MA Dekan Fisipol UWM menuturkan, lulusan harus secara sadar mengetahui kedalaman dan keluasan pengetahuannya. Hal itu dapat dilihat dari etika dan prestasi akademiknya. Lulusan harus terus mengembangkan kompetensi dalam aspek softskill dan hardskill.

“Pada masa kompetisi ini memerlukan kompetensi yang terus ditingkatkan. Mereka harus tetap berperan terhadap Fisipol dengan tetap memberikan kepedulian dalam bentuk masukan, kritik membangun, dan kontribusi pemikiran untuk pengembangan fakultas,” papar Asmartadani.

Masa tunggu lulusan Fisipol, lanjut Asmartadani, rata-rata kurang dari enam bulan, dan itu menjadi prestasi Fisipol selain adanya peningkatan Indeks Prestasi dan jumlah lulusan dari periode sebelumnya. Dirinya juga menegaskan alumni harus bangga karena telah dibekali pendidikan softskill yang mana itu merupakan bagian dari aspek spiritual.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita