Home
news
Osaka University Japan Lakukan Penjajakan Kerjasama dengan Prodi Arsitektur UWM

Osaka University Japan Lakukan Penjajakan Kerjasama dengan Prodi Arsitektur UWM


Senin, 2019-03-11 - 10:24:34 WIB

 

Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Widya Mataram (UWM) menerima kunjungan kerja dari Architectural and Urban Planning, Division of Global Architecture, Graduate School of Engineering, Osaka University Japan pada Sabtu-Minggu (9-10/3/2019). Dalam kunjungan tersebut Osaka University Japan diwakili dua orang Dosen dan satu mahasiswa yakni Profesor Michihiro Kita, Asociated Profesor Miwa Sugita dan Ary Prasetya, ST., M.Sc. (Program Doktoral Osaka University yang merupakan alumni Prodi Arsitektur Fakultas Teknik-UWM).

Kunjungan kerja yang dilakukan Osaka University Japan tersebut disambut Kaprodi Arsitektur, para dosen dan mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UWM. Kunjungan dilakukan dengan maksud mengadakan pengamatan yang terkait lingkungan nDalem Pangeran di Keraton Yogyakarta sekaligus penjajakan kerjasama antara Prodi Arsitektur dengan “Departemen Arsitektur” Osaka University.

Hari pertama kunjungan, para tamu didampingi oleh Dosen Arsitektur Satrio HB. Wibowo, ST., MSc dan Kaprodi Arsitektur Ir. YE. Suharno, MT., IAI mengadakan pengamatan dengan “blusukan” di perkampungan Rotowijayan. Dengan berbekal peta wialayah Ngasem tahun 1941 dan 1991, para tamu diajak bersama-sama menuju nDalem Benawan Trah dari Hamengku Buwono VIII (HB VIII) di daerah Rotowijayan.

Menurut Ketua Prodi Arsitektur Ir. YE. Suharno, MT., IAI mengatakan bahwa dalam kunjungan ke nDalem Benawan tersebut mendapatkan penjelasan yang sangat memuaskan dari keluarga Romo Benawa yaitu Bpk Kunto (cucu HB.VIII) mengenai tata letak dan proses perubahan rumah nDalem Benawan dari awal berdirinya tahun 1943 sampai dengan tahun 2019, baik dari fisik bangunan, penghuni maupun filosofinya. Selanjutnya para tamu melanjutkan perjalanan ke Kotagede untuk melakukan pengamatan lingkungan heritage di wilayah tersebut yang dipandu oleh Satrio HB. Wibowo Dosen Arsitektur UWM.

Lebih lanjut, Suharno menjelaskan pada hari kedua, tamu dari jepang tersebut diajak mengikuti upacara tumpengan di nDalem Mangkubumen dengan “Tumpengan Nasi Kuning” yang dilengkapi penjelasan filosofinya. Hadir dalam acara tersebut acara tersebut para Dosen Arsitektur Desy Ayu Krisna, ST.,M.Sc, Nurina Vidya A.,ST.,M.Sc, mahasiswa Arsitektur dan dr.med. Anton Satriyo AP. (pemerhati lingkungan). Kegiatan ini sangat istimewa dengan diskusi tentang filosofi Jawa-Jepang yang disampaikan oleh Desy Ayu Krisna, ST.,M.Sc yang merupakan Dosen Muda Prodi Arsitektur.

Dari kunjungan tersebut juga didiskusikan penjajagan kerjasama lebih lanjut untuk mengadakan penelitian bersama. Tamu dari Osaka Univesity menyatakan antusias dan sangat puas dengan sambutan dari Prodi Arsitektur FT-UWM dan berjanji akan kembali lagi di waktu yang akan datang, pungkas Suharno.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita