Home
news
Novel Karya Alumni FE UWM Diluncurkan GKR Hemas di Pendopo Kampus UWM

Novel Karya Alumni FE UWM Diluncurkan GKR Hemas di Pendopo Kampus UWM


Senin, 2019-04-08 - 09:30:52 WIB

 

Spesifikasi bidang pendidikan tidak menjadi batas bagi seseorang untuk tetap mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Begitupun dengan alumnus Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Widya Mataram (UWM) bernama Sili Suli. Kemampuan diri dan intuisi yang dimiliki mengantarkannya menjadi seorang penulis. Karya terakhir yang mengundang perhatian publik adalah sebuah novel menarik dengan judul Surya, Mentari dan Rembulan yang diluncurkan pada Sabtu (6/4/2019) di Pendopo Agung UWM.

Peluncuran novel digelar oleh Keluarga Alumni Widya Mataram (KAWIMA) bekerjasama dengan Komunitas Almamater Widya Mataram Yogyaarta (KOAWIMA), Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Yogyakarta dan Kombongan Sangtorayaan Makassar.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya GKR Hemas, Wakil Rektor I dan III UWM, mantan Bupari Toraja Utara dan beberapa pengurus Ikatan Masyarakat Toraja dari jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar. Beberapa undangan lainnya meliputi tokoh-tokoh masyarakat Toraja dan mahasiswa Toraja di Yogyakarta, Komunitas sastrawan Yogyakarta, Pemerhati Budaya, seniman tari, pecinta alam, wartawan, aktivis LSM, Ibu-ibu PKK, blogger, Pengurus OSIS SMA dan alumni UWM. Dalam acara ini novel diluncurkan oleh GKR Hemas.

Wakil Rektor III UWM Dr. Jumadi, SE., MM mengatakan peluncuran novel ini sangat berkesesuaian dengan lokasi pelaksanaannya mengingat UWM yang memiliki jargon The Campus for Cultural Excellence. Didalam novel karya Sili Suli tersebut menceritakan akulturasi kebudayaan Toraja dengan Yogyakarta. Selain itu, penulis akan menjadi salah satu contoh orang yang kreatif karena bisa sukses diluar jalur pendidikannya yang merupakan alumnus Fakultas Ekonomi UWM. Sili Suli menjadi salah satu contoh orang yang kreatif karena bisa sukses diluar jalur pendidikannya sebagai alumnus Fakultas Ekonomi UWM. Harapannya itu bisa menjadi pemicu bagi mahasiswa di lingkungan UWM, artinya Penulis juga telah menjadi seorang entrepreneur sebelum prodi Kewirausahaan muncul di UWM. Dismaping itu, hubungan baik UWM dengan tamu undangan, khususnya dengan masyarakat Toraja juga akan terus terjaga.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menyampaikan bahwa saat ini masyarakat sedang membutuhkan nilai karakter supaya menjadi generasi dan warga yang baik. Pada realitanya masyarakat lebih menyukai unsur hiburan. Dari hasil riset, trend membaca novel masih tetap tinggi sedangkan membaca buku semakin menurun. Oleh karrna itu solusinya adalah melalui novel yang bisa mengcounter merebaknya berita bohong dan kebencian yang belakangan ini menjadi trend masyarakat.

Lebih lanjut lagi GKR Hemas mengatakan bangsa ini tengah mengalami ujian. Setiap menjelang pemilu dan pemilukada selalu ada konflik perpecahan. Jika dikaitkan dengan novel karya Sili Suli, maka karya sastra yang berjudul Surya, Mentari dan Rembulan ini sangat tepat dan relevan menjawab kondisi saat ini.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita