Home
news
Millenial Road Safety Festival 2019: Mahasiswa UWM Ikuti Sosialisasi Ditlantas

Millenial Road Safety Festival 2019: Mahasiswa UWM Ikuti Sosialisasi Ditlantas


Sabtu, 2019-01-26 - 00:46:01 WIB

 

Mewujudkan generasi Millenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang menjadi keharusan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) DIY pun menjadi garda terdepan dalam menggelorakan tertib berlalu lintas. Ditlantas Polda DIY kembali blusukan ke kampus-kampus untuk memberikan pendidikan lalu lintas dengan menyasar para mahasiswa sebagai generasi Millenial. Kegiatan tersebut akan bermuara pada acara Millenial Road Safety Festival 2019 yang direncanakan akan digelar pada 10 Maret 2019 mendatang di Alun-alun Utara Yogyakarta dengan target pelajar 10.000 peserta generasi Millenial.

Sebagai langkah awal dalam menyukseskan acara tersebut, Ditlantas Polda DIY melakukan sosialisasi kepada mahasiswa Universitas Widya Mataram (UWM). Sosialisasi dimaksudkan agar para mahasiswa mengerti akan konsep acara yang diselenggarakan sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik. Sosialisasi dilaksanakan pada Jum’at (25/1/2019) di Pendopo Agung UWM dengan menyasar para mahasiswa UWM yang terdiri dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan para mahasiswa UWM dari seluruh Program Studi (Prodi).

Dalam pemaparannya, Kasi Dikmas Ditlantas Kompol Urip Umi Hariyanti, S.Sos menyampaikan Millenial Road Safety Festival 2019 merupakan kegiatan untuk menggugah kesadaran generasi milenial akan pentingnya keselamatan dijalan. Menurut penjelasan Umi, berdasarkan data World Health Organization (WHO) korban kecelakaan menjadi penyebab kematian ketiga setelah penyakit jantung. Kecelakaan dijalan lebih didominasi oleh pelajar dan mahasiswa.

Lebih lanjut, Kompol Umi mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, Millenial Road Safety Festival 2019 akan ada stand-stand dari 5 pilar keselamatan diantaranya dari Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Disdikpora, dan Jasa Raharja. Harapannya acara semacam ini akan mampu menekan kecelakaan dan fatalnya akibat kecelakaan.

Dalam sesi dialog, beberapa mahasiswa memberikan umpan balik kepada narasumber mengenai upaya Ditlantas dalam menyikapi infrastruktur jalan yang rusak sehingga berakibat pada kecelakaan, upaya penindakan anak dibawah umur yang sudah menjadi pengguna jalan dan melanggar aturan.

Menurut Kompol Umi menanggapi beberapa respon dari mahasiswa, Ditlantas Polda DIY juga melakukan giat dan surve jalan untuk memastikan apakah ada kendala seperti blackspot dan trouble spot. Kemudian temuan dilapangan akan direkomendasi ke dinas PU ditembuskan Dinas Perhubungan. Selain itu juga membentuk komunitas perempuan pelopor tertib lalu lintas sebagai langkah melebarkan sayap dalam menyadarkan masyarakat tertib berlalu lintas.

Sementara itu Kanit 2 Subditdikyasa AKP Slamet Subiyantoro menambahkan bahwa dalam upaya memperlancar dan menertibkan lalu lintas, dari pihak pemda dan Satpol PP juga melakukan penertiban area trotoar. Sedangkan untuk rambu-rambu dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita