Home
news
Menjadi Entrepreneurship, Harus Konsisten terhadap Target

Menjadi Entrepreneurship, Harus Konsisten terhadap Target


Senin, 2021-01-18 - 17:01:52 WIB

Era revolusi indsutri 4.0 memberikan ruang bagi anak muda karena lebih memiliki fleksibilitas untuk menciptakan kreativitas dan inovasi sehingga akan lahir bakat-bakat unik. Bakat-bakat tersebut dapat ditunjukkan melalui Widya Mataram Got Talent sebagai kegiatan yang rutin diadakan oleh Program Studi Bisnis Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM). Hal itu disampaikan oleh Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dalam sambutan acara webinar bertema Yang Muda Yang Berkarya sebagai rangkaian kegiatan Widya Mataram Got Talent pada Sabtu (16/1/2021) melalui aplikasi zoom. 

Narasumber yang dihadirkan yakni Yola Agatha, SM (Founder Salad Nyoo) dan dr Tirta Mandira Hudhi (Founder Shoes and Care). Turut hadir dalam webinar tersebut para dosen dan mahasiswa. “Widya Mataram Got Talent bertujuan mencari bibit unggul dalam bidang entrepreneurship. Hal ini tidak lepas dari visi UWM untuk menjadi Perguruan Tinggi Unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis budaya,” ungkap Prof Edy. 

Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2008-2009 itu berharap acara Widya Mataram Got Talent tidak hanya bermanfaat bagi UWM, namun juga bagi Bangsa Indonesia untuk melahirkan insan dengan bakat-bakat unik yang dapat terus dikembangkan dan memiliki mentalitas entrepreneurship

Menjadi anak muda yang berjiwa entrepreneurship, dr. Tirta menjelaskan ada 5 hal yang harus disiapkan secara matang antara lain, business plan, financial plan, marketing plan, communication plan, dan personal branding. Dokter yang namanya sering viral di media sosial itu mengungkapkan bahwa mahasiswa harus sudah bekerja sebelum lulus atau semenjak semester 4. Untuk membangun mental juga harus berbuat baik pada sesama dan berpacu pada diri sendiri dengan melakukan intrsopeksi diri dan menentukan skala prioritas.

“Setiap tahun kawan-kawan harus mempunyai target. Pasang target sedini mungkin, dan kesuksesan itu adalah tentang konsistensi terhadap target,” kata dr. Tirta. 

Sementara itu, sebagai Founder Salad Nyoo, Yola menceritakan pengalamannya dalam merintis usaha dan pembelajaran penting untuk menjadi entrepeneurship yang sukses. Dirinya mengatakan keberuntungan akan datang saat kita siap. 

Trial and eror akan melatih mental kita dalam membangun usaha. Pengalaman organisasi menjadi salah satu bagian penting dalam usaha bisnis kita. Jadi saya justru menyarankan teman-teman ikut bergabung pada organisasi yang ada di kampus untuk mendapatkan pengalaman organisasi,” Tutur pemilik Salad 21 cabang di 5 kota itu.

 

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita