Home
news
Meningkatkan Kemampuan Softskill melalui Pelatihan Jurnalistik dan Public Speaking

Meningkatkan Kemampuan Softskill melalui Pelatihan Jurnalistik dan Public Speaking


Selasa, 2019-03-12 - 19:22:41 WIB

Sebagai mahasiswa sudah seyogyanya bersemangat untuk belajar dan mempelajari ilmu tentang jurnalistik dan public speaking. Keduanya pasti akan memberikan manfaat baik ketika masih berproses menjadi mahasiswa maupun ketika sudah lulus dan terjun didunia kerja. Dengan kemampuan jurnalistik maupun public speaking, mahasiswa akan peka terhadap permasalahan dan norma-norma di masyarakat. Secara khusus, kedua ilmu tersebut akan membekali setiap orang dalam pengelolaan dan pengembangan penerbitan media cetak dan elektronik.                    

Begitupun dengan geliat kegiatan organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Widya Mataram (UWM). Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) yang berkegiatan di bawah bimbingan fakultas turut aktif dalam memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menambah wawasan dalam kaitannya dengan jurnalistik dan public speaking. Peran BEM Fisipol tersebut diaktualisasikan dengan menggelar workshop pelatihan jurnalistik dan public speaking pada Selasa (11/3/2019) di Ruang Soekarno Nehru UWM.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan softskill mahasiswa Fisipol”, kata Hafizien Sastri Andini Ketua BEM Fisipol.

Andini menambahkan bahwa acara tersebut juga mengundang BEM Universitas, BEM Fakultas, dan UKM di lingkungan UWM. Harapannya adalah para mahasiswa bisa belajar atas kemauan sendiri dalam berorganisasi untuk BEM Fisipol. Usai workshop, para mahasiswa harus bisa menulis dan percaya diri untuk berbicara.

Hadir dalam acara tersebut Philipus Jehamun (Kepala Redaksi Bernas.id) dan Risa Karmida, MA (Reporter Metro TV Jogja) sebagai narasumber yang dihadirkan untuk mentransformasikan ilmu kepada para peserta.

Philipus menjelaskan materi dari penjelasan tentang berita yang memiliki unsur 5W 1H. Setelah pelatihan mahasiswa harus menulis. Mahasiswa sebenarnya bisa hanya saja belum terbiasa menulis. Padahal kemampuan menulis akan sangat bermanfaat pula dalam proses perkuliahan termasuk dalam penulisan tugas akhir.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fisipol Suwarjo, S.IP., M.Si mengatakan acara workshop ini adalah satu dari sekian program BEM Fisipol yang terus didorong. Salah satu hal yang bisa didapatkan dengan acara ini kemampuan softskill untuk bekal didunia kerja. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para peserta.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita