Home
news
Membangun Kesadaran Pentingnya Toleransi melalui Pameran

Membangun Kesadaran Pentingnya Toleransi melalui Pameran


Selasa, 2020-02-18 - 13:28:26 WIB

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Widya Mataram (UWM) menggelar pameran bertajuk “(In)Tolerance” Senin (20/1/2020) di Kampus I UWM Dalem Mangkubumen. Pameran tersebut memanfaatkan berbagai medium dalam menyampaikan pesannya seperti foto, puisi, dan beberapa artikel terkait kasus intoleransi yang ada di Yogyakarta. Foto yang dipamerkan merupakan karya mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang di ambil dari berbagai wilayah di Yogyakarta yang belum tersentuh publik.

Ketua HIMAKOM Viky Alvin Azizah mengatakan pameran diadakan untuk mengajak kembali civitas akademika UWM memaknai toleransi yang akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat seiring dengan meningkatnya kasus kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) di DIY. Sebagaimana dilansir dari tirto.id, Yogyakarta sebagai salah satu dari 10 Provinsi yang memiliki kasus KBB tertinggi.

“Mahasiswa UWM mayoritas berasal dari luar Jawa, sehingga akan sangat disayangkan apabila kampus berbasis budaya ini tidak menyadari pentingnya toleransi. Selain itu, pameran ini juga diharapkan mampu melatih mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya dalam bidang visual fotografi, koordinasi, ide, dan kreativitas,” terang Alvin.

Kegiatan pameran ini, lanjut Alvin, pada awalnya diadakan untuk mengajak mahasiswa terlibat aktif dalam meraih kesadaran terhadap kasus intoleran. Dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, HIMAKOM mengadakan pameran sederhana ini untuk menyampaikan pesan tersebut kepada seluruh mahasiswa UWM.

Sementara, menurut Candra Setiawan pelaksana acara, kegiatan seperti ini penting untuk perkembangan kreativitas mahasiswa dengan harapan dapat meningkatkan kegiatan-kegiatan yang mendukung kreativitas mahasiswa.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita