Home
news
Membangun Citra dengan Melestarikan Adat Jawa

Membangun Citra dengan Melestarikan Adat Jawa


Selasa, 2019-09-03 - 16:12:45 WIB

 

Mahasiswa magang program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (UWM) turut mengenakan pakaian adat untuk nguri – uri atau melestarikan budaya Jawa di Gedung Keuangan Negara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). 

“Mengenakan baju adat Jawa merupakan Kewenangan Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di Kantor KPKNL Yogyakarta yang beralamatkan di Gedung Keuangan Negara B Jl.Kusumanegara Yogyakarta setiap satu bulan sekali pada hari Selasa bertepatan minggu pertama,” ungkap Rita Rustiyaningsih salah satu mahasiswa magang. 

Dalam pelaksanaannya Rita turut mengenakan seragam baju adat Jawa bersama mahasiswa lainnya diantaranya Farida Aprilia, Kiki Yulia Pramesty dan Umi Rahmini. 

Pada apel pagi, Selasa (3/9/2019), dalam sambutannya Kepala KPKNL Marhaeni Rumiasih menyampaikan pada hari itu merupakan hari pertama kali mengenakan seragam baju adat Jawa secara resmi yang akan digunakan untuk berkelanjutan oleh seluruh pegawai. Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai atas antusias dan partisipasinya. 

Rita menjelaskan bahwa sebelum mengawali pekerjaan seluruh pegawai bersama-sama mengikuti apel dengan aneka busana Jawa dilanjutkan yel-yel KPKNL, berdoa bersama dan diakhiri dengan berjabat tangan seluruh pegawai dan peserta magang.

“Tujuannya untuk membangun citra dan melestarikan budaya Jawa pada umumnya dengan ketentuan perempuan memakai kebaya, jarik. Sedangkan laki-laki memakai busana sorjan, blankon dan jarik,” terang Rita. 

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita