Home
news
Mahasiswa Arsitektur Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Membatik

Mahasiswa Arsitektur Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Membatik


Kamis, 2019-08-08 - 11:54:32 WIB

 

Batik yang saat ini merupakan warisan Dunia dikenalkan kepada mahasiswa Universitas Widya Mataram (UWM). Dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur Istiana Adianti, ST., M.Sc menyampaikan hal tersebut bersamaan dengan acara workshop membatik Prodi Arsitektur pada Rabu (7/8/2019).

“Workshop digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akan budaya lokal tersebut,” kata Istiana.

Workshop membatik, menurut keterangan Istiana, diikuti oleh 10 mahasiswa lintas angkatan selama 2 hari yakni 7-8 Agustus 2019. Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai sejarah batik, dilanjutkan perkembangan pola batik yang dikembangkan oleh berbagai daerah, proses pembuatan pola dan metode pewarnaan.

Acara dipandu oleh Drs. Handoyo, yang sudah menekuni batik dan sering melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam kaitannya membuat pola dan pembuatan batik. Dalam pelaksanaannnya, Handoyo juga bersama Noer Tjahjono pemerhati batik. Para mahasiswa arsitektur diminta untuk membuat pola batik sendiri pada selembar kain yang sudah disiapkan.

“Semua kegiatan dilakukan di studio gambar Arsitektur dan halaman depan ruang kelas. Hari kedua workshop akan dilanjutkan dengan proses pewarnaan untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan,” terang Istiana.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita