Home
news
Kenaikan Jabatan Akademik Dosen: Rektor UWM Dorong Dosen FH

Kenaikan Jabatan Akademik Dosen: Rektor UWM Dorong Dosen FH


Senin, 2019-02-04 - 16:58:44 WIB

 

Kualitas pengajaran dalam suatu Perguruan Tinggi (PT) menjadi pilar penting dalam membangun Good University Governance (GUG). Untuk mencapai target tersebut, maka PT harus mampu mengoptimalkan kinerja dosen atau pendidik yang dimiliki. Regulasi mengenai PT tersebut telah tertuang dalam Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). SNPT merupakan kriteria minimal mengenai pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di PT di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai implementasi dari hal di atas, Universitas Widya Mataram (UWM) melakukan upaya untuk mendorong jenjang karir dosen di UWM yang dalam hal ini adalah dosen Fakultas Hukum (FH) karena memiliki kuantitas mahasiswa paling banyak di UWM. Segenap dosen FH diundang dalam satu forum untuk mendapat pengarahan dan pembekalan dari pimpinan UWM. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (4/2/2019) di ruang Sidang Rektorat dan dihadiri Rektor, para Wakil Rektor, Dekan FH, Wakil Dekan FH dan para dosen di lingkungan FH.

Hal mendasar yang ingin disampaikan Rektor UWM, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec adalah tentang jabatan akademik. Rektor UWM mengajak para dosen untuk memiliki pola pikir sama dalam membangun pendidikan UWM dan dalam mencetak para Sarjana Hukum yang berkualitas.

Menurut Prof. Edy, dalam proses pendidikan ada regulasi dan norma yang harus dipatuhi yakni SNPT. Dengan berlandaskan pada regulasi tersebut, maka tugas pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus dipenuhi. Hal tersebut amatlah penting karena sebagai dasar dalam mengurus kenaikan jabatan akademik. Lebih dalam Prof. Edy berharap agar terkait jabatan akademik tersebut menjadi perhatian bagi para dosen di lingkungan FH UWM. Schedule dan roadmap harus dibuat sehingga target tersebut bisa segera tercapai. Kenaikan jabatan akademik tidak hanya untuk kepentingan pribadi dosen, namun juga untuk kebutuhan dalam re-akreditasi PT.

Sementara itu, Dekan FH Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum menyampaikan bahwa dalam kaitannya dengan jabatan akademik dosen FH memiliki kendala dalam publikasi jurnal. Di samping itu, beberapa dosen FH juga turut merespon arahan Rektor UWM dan menyampaikan beberapa kendala sehingga mengalami kesulitan dalam jabatan akademik.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita