Home
news
Kemampuan Menulis Masyarakat Ilmiah Belum Optimal, LPPM UWM Gelar Workshop

Kemampuan Menulis Masyarakat Ilmiah Belum Optimal, LPPM UWM Gelar Workshop


Kamis, 2019-09-12 - 14:31:18 WIB

 

Meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi (PT) terus diupayakan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan PT dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan.

Pernyataan itu disampaikan Dr. Oktiva Anggraini Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Mataram (UWM) bersamaan dengan Workshop Penulisan jurnal pada Senin (9/9/2019) di salah satu hotel di Yogyakarta.

“Hasil-hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada para peneliti lain maupun masyarakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya,” terangnya.

Kemampuan menulis masyarakat ilmiah di Indonesia, lanjut Oktiva, masih belum optimal sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan masih terus harus dipacu. Publikasi hasil-hasil penelitian para akademisi masih dinilai sangat kecil untuk dipublikasikan di Jurnal Internasional.

“Pertimbangan itu yang membuat LPPM UWM mengadakan workshop Jurnal Internasional,” katanya dalam acara yang diikuti 85 peserta meliputi kalangan akademisi, peneliti, para mahasiswa S2 dan S3 dari kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UWM Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP. Pembicara pertama yang dihadirkan yaitu Prof . Dr. Abdul Rohman, M.Si., Apt (Reviewer dibeberapa jurnal terindeks Thomson dan Scopus) yang memberikan materi tentang strategi jitu dalam menyusun jurnal skala Internasional Yang bereputasi. Bahwa data base terbesar itu selain Scopus adalah Thomson.

Sementara pembicara kedua, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahyono, SE., MM (Guru Besar Manajemen SDM di UMY, UII da UGM) menyampaikan kiat dan penjabaran dibidang sosial.

Selain paparan materi strategi dan teknik menulis di jurnal internasional bereputasi, juga dilanjutkan dengan coaching artikel yg dibanjiri pertanyaan para peserta.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita