Home
news
Jurnal Ilmiah UWM Siap Akreditasi

Jurnal Ilmiah UWM Siap Akreditasi


Selasa, 2020-02-25 - 12:00:16 WIB

 

Publikasi di jurnal ilmiah dewasa ini menjadi sangat penting dengan adanya persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya. Sisi lain, persyaratan untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 memerlukan publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi. Fenomena ini mendorong peningkatan terbitnya jurnal-jurnal baru sebagai wadah bagi publikasi para peneliti dan mahasiswa.

Hal itu disampaikan Dr. Oktiva Anggraini, SIP., M.Si. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Mataram (UWM) pada rapat Pengurus Jurnal di lingkungan UWM Kamis (20/2/2020) di Fakultas Sains dan Teknologi.

“Kebutuhan jurnal nasional terakreditasi mencapai lebih dari 8.000 jurnal ilmiah. Akreditasi Jurnal Ilmiah diberikan sebagai pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan dan ketepatan waktu penerbitan jurnal ilmiah,” papar Oktiva.

Merespon hal itu, dijelaskan oleh Oktiva bahwa LPPM UWM tergerak untuk ikut memajukan publikasi ilmiahnya melalui penataan jurnal yang telah dikelola sebelumnya, agar segera memperoleh akreditasi. Dengan pendampingan dari Relawan Jurnal Indonesia, dalam waktu dekat sejumlah jurnal di lingkup UWM siap untuk mengikuti proses akreditasi tahun ini. Jurnal yang dimaksud diantaranya Jurnal Arsitektur Pendapa, Jurnal Agrotek Fakultas Sains dan Teknologi, Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, Jurnal Populika dari FISIPOL dan Jurnal Pranata dari Fakultas Hukum.

“Upaya untuk meningkatkan kualitas konten jurnal telah ditempuh oleh pengelola seperti menambah mitra bebestari dari luar kampus dalam seleksi artikel, artikel tidak didominasi oleh penulis dari internal dan tata kelola organisasi jurnal lebih dimantapkan lagi,” tukasnya.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita