Home
news
Inspirasi Bisnis Warung Penyetan Jogja Istimewa

Inspirasi Bisnis Warung Penyetan Jogja Istimewa


Kamis, 2019-05-16 - 05:14:12 WIB

 

Tanpa batasan umur kita tetap bisa melakukan usaha, yang penting memiliki kemauan, ada ilmunya dan ada eksekusinya. Begitu itu disampaikan oleh Owner Warung penyetan Jogja Istimewa (Joice) Apriliado Rustiawan, SE sekaligus juga penggiat Bela Beli UMKM (BBU) dalam kegiatan sharing inspirasi bisnis bersama mahasiswa prodi bisnis kewirausahaan, Rabu (15/5/2019).

Aldo mengatakan usaha itu bukan seperti matematika yang ketika mencoba sampai sepuluh gagal, kemudian kesebelas berhasil. Itu tetap berhasil, bukan dilihat yang kesepuluhnya, menciptakan lampu saja konon katanya sampai 99 kali kegagalan.

“Pendidikan formal itu memang bukan satu-satunya penentu keberhasilan dalam usaha tetapi menjadi bekal atau senjata kita sehingga ilmu dan jaringan/networking juga sangat penting”, jelas Aldo.

Dalam kegiatan ini Cahya Purnama Asri, SE., MM pengampu mata kuliah Inspirasi Bisnis menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya mendorong mahasiswa menjadi wirausaha/terinspirasi yang merupakan salah satu tujuan dari mata kuliah ini, yakni Inspirasi bisnis.

Menanggapi pertanyaan dari mahasiswa, Aldo menjelaskan harus ditekankan diawal bahwa usaha merupakan usaha bersama, artinya karyawan juga memiliki tanggungjawab usaha untuk keberlangsungan hidupnya. Pemilik usaha harus stop karyawan seandainya usaha benar-benar tutup, atau diinformasikan bahwa kedepannya akan buka usaha lain.

“Motivasi usaha ini awalnya uang, kemudian semakin berkembangnya waktu motivasi itu bergeser menjadi sosiopreneur yakni bisa membantu orang lain dalam usaha sehingga masyarakat juga bisa memperoleh keuntungannya untuk mewujudkan lingkungan yang berkeadilan”, ungkap Aldo.

Dari aspek pelanggan Aldo mengatakan adanya Product, Place, Price dan Promotion (4P Marketing Mix). Letak dan menu menjadi unsur penting dan harus pas. Selanjutnya saat pelanggan sudah nyaman maka promosi akan di push.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita