Home
news
Harlah ke 25, UKM Teater Dokumen Pentaskan Drama Lakon Dalimin

Harlah ke 25, UKM Teater Dokumen Pentaskan Drama Lakon Dalimin


Selasa, 2019-11-19 - 19:39:38 WIB

 

Manusia yang berbudaya ialah manusia yang dapat menghindari tiga sifat adigang, adigung, dan adiguna yang merupakan istilah Jawa yang bermakna mengandalkan dan menyombongkan kekuatan, kekuasaan dan kepandaian. Demikian diungkapkan Dr. Jumadi, SE., MM Wakil Rektor III Universitas Widya Mataram (UWM) dalam sambutan acara Hari Ulang Tahun (Harlah) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Dokumen ke 25 pada Senin (18/11/2019). 

“Dengan sifat manusia yang berbudaya harapannya dapat meninggalkan ketiga sifat tersebut. Nilai budaya yang dimiliki manusia akan inline dengan tagline UWM yang bermoral, beretika dan bermartabat,” kata Jumadi lalu mengatakan bahwa UKM Teater dengan segala kemampuan dan potensi yang ada bisa membawa ke arah yang lebih baik melalui kedewasaan berpikir dan bertindak. 

Acara yang juga dihadiri dosen pembina UKM Teater Dokumen, Alumni, dan beberapa UKM Teater dari kampus di Jogja tersebut digelar di Pendopo nDalem Mangkubumen. UKM Teater Dokumen menampilkan drama dengan lakon komedi Dalimin. Di samping itu, musikalisasi puisi juga dipentaskan. 

Ketua UKM Teater Dokumen, Rifky Nur Siddiqie menerangkan drama Dalimin merupakan pementasan komedi yang menyiratkan sindiran terhadap kekuasaan pada era sekarang. Terkadang seorang pemimpin tidak lagi menjadi sorotan dalam mencari keadilan. Pemegang kekuasaan saat ini tidak lagi mempunyai rasa malu dan menutup diri dalam mempertanggungjawabkan kekuasaannya untuk menyelesaikan segala persoalan. 

“Tumpang tindih kekuasan terjadi dan saling melemparkan perkara kesana sini dengan alasan politik. Akibatnya, masyarakat mengalami kebingungan. Kekuasan sekarang ini mulai jauh dari moral kebudayaan bangsa,” papar Rifky. 

Menurut Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si Dosen Pembina UKM Teater Dokumen, sebagai UKM yang terus melahirkan berbagai karya tidak harus bergantung pada aspek finansial. Dalam kondisi sempitpun tetap dapat berkarya menghasilkan kreativitas yang luar biasa. 

“Saya sangat mengapresiasi UKM Teater Dokumen ini, dalam prosesnya UKM Teater Dokumen harus menjalin relasi dan kerjasama dengan UKM Teater kampus lain sehingga karya yang diciptakan semakin baik,” harap Puji.

  

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita