Home
news
GOWES AKADEMIK MAU SAMPAI KE SAN FRANSICO

GOWES AKADEMIK MAU SAMPAI KE SAN FRANSICO


Senin, 2021-11-29 - 10:28:21 WIB

Rutininas berpikir dan mengurus birokrasi kampus mendatangkan rasa jenuh dan penat. Itu yang dialami para ilmuan dan intelektual kampus di berbagai universitas di Yogyakarta. Dalam melepas rasa suntuk tersebut, mereka memilih cara sederhana yang mereka namakan Gowes akademik.

Aksi bersepeda santai bersama-sama itu dikomando oleh Ketua Gowes Akademik Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, MEc yang juga Rektor Universitas Widya Mataram, diikuti oleh para dosen dan pimpinan yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) DI Yogyakarta dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V DI Yogyakarta.

Kegiatan berkala setiap dua bulan, pada putaran kedua, Sabtu (27/11/2021), bertindak sebagai host dan tuan rumah Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Muchlas Arkanuddin, MT. Sesuai tujuannya melepas penat, maka kegiatan itu berjalan santai. Selain bersepeda bersama, mereka melengkapinya dengan menyanyi dan kuliner. Tampil sebagai bintang kali ini, rektor UAD yang melantunkan Juwita Malam, diiringi electone mahasiswanya, di roof top kampus Jl. Ringroad Selatan Tamanan, Banguntapan Bantul. Gowes akademik putaran tiga dua bulan ke depan, direncanakan host dan tuan rumah keluarga besar Universitas PGRI Yogyakarta (UPY).

Ketua Gowes Akademik Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, MEc menyampaikan kesannya, Gowes menjadi sarana olahraga yang sangat sederhana, merakyat, dan yang paling penting membuat pesepeda sehat. Kedepannya, kegiatan gowes terus ditingkatkan rutenya. Apabila cuaca cerah, rute gowes akan rute keliling kota Yogyakarta ditingkatkan sampai keluar kota Yogyakarta.

Dengan sedikit bercanda, Prof Edy Suandi Hamid berseloroh, “Kita bisa merencanakan putaran gowes berikutnya keluar kota, bahkan ke luar negeri, gowes ke San Fransisco,” ujar Prof Edy Suandi Hamid, yang disambut tepuk tangan dan tawa riang para peserta gowes.

Dekan Fakultas Eekonomi Bisnis (FEB UGM Prof Dr Didi Achjari, yang juga mantan Kepala LLDIKTI Wilayah V, gowes akademik ini multimanfaatnya. Di tengah transisi dari pandemic ke epidemic Covid-19, menurut dia, gowes bisa membakar lemak, meningkatkan kinerja imun, dan meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Selain itu interaksi para pimpinan dan civitas akademika yang tergabung dalam Aptisi dan LLDIKTI bisa meningkatkan keguyuban, menjalin komunikasi secara informal. Nuansa informal itu dirasakan saat duduk santai bersama usai bersepeda, para professor saling bercanda dan tertawa, serta menyanyi lagi. Seperti yang dilakukan oleh Prof Didi Achjari, usai menyampaikan kesan-kesannya, dia melantun lagu Separuh Nafasku (Dewa)) dan Yang Terlupakan (Iwan Fals).

Kepala LLDIKTI V Bhimo Widyo Andoko, SH., MH menyampaikan bahwa gowes ini dalam rangka untuk para penyelenggara pendidikan tinggi saling mengenal kampus-kampus di wilayah LLDIKTI V, dan lebih bersinergi dalam pengembangan kedepannya.

Para peserta gowes akademik yang ikut pada putara dua ini, para rektor dari APTISI dan LLDIKTI V seperti Rektor UII sekaligus Ketua APTISI Prof. Dr. Fathul Wahid, Rektor UMY Dr. Gunawan Budiyanto, Rektor UAD, Rektor UWM, Rektor UPY, Rektor USD, Rektor UKDW, kepala LLDIKTI, Bimo, dan pegawai LLDIKTI lainnya.***


Share Berita


Komentari Berita