Home
news
Dosen UWM Peroleh Sertifikat Paten

Dosen UWM Peroleh Sertifikat Paten


Senin, 2018-05-28 - 09:54:47 WIB

 

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi yang untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Oleh karena merupakan hak eksklusif, maka negara sangat berhati-hati di dalam memberikannya. Diperlukan penelusuran yang sangat cermat dan teliti, sehingga perlu waktu lama untuk akhirnya menyetujui usulan paten.

Hal tersebut telah dirasakan oleh Dr Ir Ambar Rukmini MP, dosen pada Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Widya Mataram (UWM). Perjalanan panjang dan lama dialaminya sejak mengajukan usulan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada bulan November 2011. Usulan tersebut merupakan hasil penelitian yang menurutnya perlu dimintakan perlindungan dalam bentuk Hak Paten.

Setelah melalui tahapan pemeriksaan administratif, publikasi, pemeriksaan substantif, dan mediasi, akhirnya usulannya dinyatakan memenuhi Undang-Undang Nomor 13 tahun 2016 tentang Paten, dan dikabulkan oleh DJKI untuk diberikan Hak atas Paten dengan Nomor IDP000050878. Sertifikat Paten diterima secara langsung oleh Ambar di Jakarta, Jum’at 25 Mei 2018.

Dengan Sertifikat tersebut, maka hasil penelitiannya tentang Proses Pembuatan Mikroemulsi Asam Askorbat Menggunakan Campuran Surfaktan telah mendapat perlindungan hingga 20 tahun ke depan. Ambar mengaku sangat senang mendapatkannya karena sertifikat tersebut merupakan yang pertama baginya dan institusinya. Dia juga berharap ada industri yang segera memanfaatkannya. ®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita