Home
news
Dosen UWM Mengubah Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik

Dosen UWM Mengubah Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik


Kamis, 2022-01-06 - 16:16:53 WIB

Memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi pupuk organic menjadi bagian dari langkah strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan. Langkah demikian dilaksanakan oleh team pengabdian masyarakat yang dipimpin Siti Lestariningsih, ST., M.Sc dan Ir. Pujiasaih, M.Si, dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM).

Kegiatan dengan tema Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Barang Berharga sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, melibatkan para anggota Karang Taruna Yasa Muda RW 07 Dusun Sumberan Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan (7/11/2021).

Menurut Lestariningsih limbah-limbah rumah tangga di daerah pengabdian tersebut volumenya relative banyak. Karena itu limbah itu sangat mendesak untuk disulap menjadi pupuk padat maupun pupuk cair. “Bahan dasarnya dari limbah atau sampah organik dari rumah tangga,” kata dia.

Kegiatan diawali dengan penjelasan manfaat limbah organik rumah tangga dan strategi mengubahnya menjadi pupuk organik.

“Kami melakukan penyuluhan terkait masalah limbah rumah tangga, apa manfaat dan bahayanya apabila mencemari lingkungan. Kemudian kami menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan limbah organik itu, dan proses membuat pupuk padat maupun pupuk cair.”

Perubahan limbah menjadi pupuk organik tersebut untuk dimanfaatkan sebagai media tanam di lingkungan rumah untuk pemupukan tanaman hias maupun tanaman di persawahan.

“Kami memilih para pemuda, anggota karang taruna sebagai pesertanya untuk mendidik mereka supaya memiliki ketrampilan tertentu, dan ini juga menjadi metode menanamkan nilai-nilai peduli dan tanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan,” kata dia, Senin (20/12/2021).***

©Humas WidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita