Home
news
Dosen Teknik Industri Dampingi Warga Olah Limbah Kotoran menjadi Bio-Gas

Dosen Teknik Industri Dampingi Warga Olah Limbah Kotoran menjadi Bio-Gas


Selasa, 2019-08-13 - 16:32:49 WIB

 

Pengabdian kepada Masyarakat dengan pengolahan limbah kotoran menjadi bio-gas dilakukan di desa Banyuraden, Gamping, Sleman. Tujuan kegiatan untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran limbah kotoran dan memanfaatkan limbah ternak menjadi bio-gas dan pupuk sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Hal itu dijelaskan Ir. Ilmardani Rince Ramli, MM Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Widya Mataram (UWM) pada Senin (12/8/2019).

“Pengabdian ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai Kemenristekdikti tahun Anggaran 2019, kami bermitra dengan paguyuban ternak babi “Rukun”, Sanggrahan, Banyuraden, Gamping, Sleman,” terang Ilmardani.

Pengabdian ini, menurut keterangan Ilmardani, sudah dilaksanakan mulai bulan Maret 2019 diawali dengan sosialisasi kepada para anggota kelompok Paguyuban sebagai mitra kerjasama. Sosialisasi yang mendatangkan kelompok paguyuban dan warga tersebut juga melibatkan Ir. Tri Yuniastuti, MT Dosen prodi Arsitektur sekaligus anggota tim pengabdian. Mahasiswa juga turut diterjunkan ke lapangan yakni Beinus mahasiswa prodi Teknik Industri dan Taufik Taher dari prodi Arsitektur.

“Alasan diadakan kegiatan pengabdian ini karena adanya permasalahan yang timbul di lingkungan usaha ternak babi berupa pencemaran air sungai dan bau yang menyengat sehingga mengganggu warga yang bermukim di sekitar kandang,” kata Ilmardani, sehingga harapannya kegiatan ini dapat menyelamatkan lingkungan dari pencemaran limbah kotoran. Selain itu juga memanfaatkan limbah ternak menjadi bio-gas dan pupuk sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung pada tahap pembuatan saluran limbah menuju bio-digester yg sudah siap dipakai.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita