Home
news
Dosen Hukum UWM Bahas Perlindungan Pekerja Sosial

Dosen Hukum UWM Bahas Perlindungan Pekerja Sosial


Sabtu, 2022-06-18 - 11:05:23 WIB

Meningkatkan mutu dan profesionalisme pelayanan sosial melalui pengembangan alternatif-alternatif intervensi di bidang kesejahteraan sosial, peningkatan kemampuan dan kompetensi pekerja sosial dan kemasyarakatan lainnya, sumbangan sosial masyarakat, dunia usaha, serta penetapan standarisasi dan legistasi pelayanan sosial menjadi tugas pokok Dinas Sosial Kab. Bantul. 

Tugas tersebut dibahas dalam workshop Dinsos Kabupaten Bantul menghadirkan Narasumber dari Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram Hartanto, SE., SH., M.Hum dan Advokat Bertus Iswadi dari LBH di Lynn Hotel, Mantrijeron, Yogyakarta, Rabu (15/6/2022).

Hartanto menjelaskan, para pembicara mendiskusikan wacana seputar perlunya perlindungan hukum maupun jaminan sosial bagi pekerja sosial dalam menjalankan tugasnya. Hal demikian mengacu Undang-Undang Nomor 14 tahun 2019 tentang Pekerja Sosial dan Permensos No. 14 Tahun 2020 Tentang Standar Praktik Pekerjaan Sosial.

Workhsop ini dibuka sekaligus dimoderatori oleh Kepala Dinas Sosial Kab Bantul Gunawan Budi Santoso, S.Sos, S.H., M.H. Dia menyampaikan masalah posisi pekerja sosial memiliki peran penting terutama dalam membuat laporan sosial (Lapsos).
Menurut dia, para pekerja sosial perlu memahami tentang hukum, karena perannya dapat ditingkat penyelidikan, penyidikan, bahkan dalam persidangan. 

Ia berharap semoga workshop ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan pekerja sosial dilapangan nantinya dan menjalin silaturahmi dengan aparatur penegak hukum maupun instansi terkait seperti BPRS , Dinsos Provinsi, maupun LPKA.

 


Share Berita


Komentari Berita