Home
news
Dosen Harus Benar-Benar menjadi Insan Akademik

Dosen Harus Benar-Benar menjadi Insan Akademik


Rabu, 2019-03-13 - 16:04:03 WIB

 

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec memberikan pengarahan akademik kepada sejumlah Dosen UWM pada Rabu (13/3/2019) di ruang sidang rektorat. Pengarahan tersebut diberikan usai penyerahan Surat Keputusan (SK) Dosen Tetap kepada 15 dosen muda di lingkungan UWM. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor I, II dan III.

Prof. Edy mengatakan bahwa dengan diterimanya SK sebagai dosen tetap tersebut, maka seorang dosen harus memiliki target untuk menjadi doktor dan guru besar. Dengan profesi dosen maka, kewajiban menulis, meneliti dan publikasi harus ditunaikan. Tekad yang kuat menjadi bekal utama dalam proses meraih doktor dan guru besar tersebut.

Rektor UWM juga mengajak para dosen untuk benar-benar menjadi insan akademik. Sebagai upaya memupuk semangat, diharapkan juga segera membentuk english corner, yakni forum untuk mendiskusikan pendidikan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi interaktifnya. Harapan terakhir, dengan pengangkatan sebagai dosen tetap tersebut menjadi pemantik untuk mengangkat kualitas dosen dan mewujudkan UWM berada pada level atas baik dalam akreditasinya maupun dalam rangking pada World Class University.

Senada dengan hal itu, Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP selaku Wakil Rektor I mendorong para dosen untuk segera mem publish jurnal. Target sebagai dosen adalah segera mengurus NIDN dan mengajukan jabatan akademik. Sebagai seorang dosen harus siap bersaing dengan dosen diluar untuk mewujudkan kemajuan UWM. Publikasi jurnal menjadi sangat penting karena juga bersinggungan dengan karir dosen. Dengan karir yang baik, otomatis akan berdampak positif pada perkembangan universitas.

Dari sisi yang lain, Dr. Jumadi, SE., MM Wakil Rektor III memberikan semangat para dosen muda tersebut dengan motivasi dan pengalaman hidup yang menginspirasi. Berangkat dari pengalaman dan perjuangan hidup yang pernah dilalui, Dr. Jumadi menyampaikan beberapa strategi untuk mempercepat kepangkatan. Dengan menjadi keluarga besar di UWM, Dr. Jumadi berharap pengabdian di UWM tidak membelenggu para dosen, namun justru bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dan universitas.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita