Home
news
Dorong Kawula Muda Menggunakan Medsos Secara Kreatif

Dorong Kawula Muda Menggunakan Medsos Secara Kreatif


Selasa, 2022-06-21 - 14:00:01 WIB

  Anak-anak dan kawula muda pengguna media sosial perlu didorong dalam menggunakan media sosial (medsos) untuk kegiatan produktif dan kreatif (creative people). Dorongan demikian sangat tepat di tengah industri kreatif melaju kencang.

  Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Dyaloka Puspita Ningrum,S.I.Kom.,M.I.Kom menyatakan, penggunaan medsos secara kreatif itu di kalangan manapun, baik di kota maupun di desa.  

  &ldquo Sebagai generasi “digital natives”, saya berharap mereka menjadi creative people di tengah tuntutan industri kreatif yang terus melaju kencang,” kata dia.

  Pandangannya disampaikan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Sukorame Mangungan, Bantul, Minggu (19/6/2022).

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menunjukkan, mayoritas anak usia 5 tahun ke atas di Indonesia sudah mengakses internet untuk media sosial (88,99%), akses berita atau informasi lain (66,13%), hiburan (63,08%), mengerjakan tugas sekolah (33,04%), belanja online  (16,25%), informasi barang jasa (13,13%), mengakses fasilitas finansial (7,78%), penjualan barang/jasa 5,33%, dan lainnya 4,74%. Data itu menunjukkan medsos belum maksimal untuk kegiatan kreatif.

Dyaloka menyatakan, fenomena digitalisasi cenderung semakin konsumtif penggunaannya. Alasan itu menjadi dasar yang kuat kalangan kampus melakukan pengabdian untuk memberikan sebuah pendekatan persuasif terhadap pengguna medsos yang berusia masih sangat belia.

Menyangkut sasarawan para kawula muda di kawasan Mangunan, Bantul, menurut dia, daerah pedesaan tersebut sebagai kawasan wisata alam.

“Kawasan wisata lingkungan itu memerlukan peran anak-anak muda untuk mengemas kekayaaan alam untuk publikasi, promosi, dan pemasaran di media sosial,” kata dia.

  Menurut dia, Karang Taruna Pandusaka Kampung Sukorame Mangunan, Bantul menjadi basis untuk mengembangkan kemampuan soft skill dalam berbagai bidang, termasuk ketrampilan menggunakan medsos secara kreatif dan produktif.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita