Home
news
Diskusi Akhir Pekan Bahas Sinergi Asia Tenggara

Diskusi Akhir Pekan Bahas Sinergi Asia Tenggara


Kamis, 2019-01-24 - 16:28:07 WIB

 

Universitas Islam Indonesia (UII) bekerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) mengadakan diskusi akhir pekan bertema “Sinergi Asia Tenggara” di Sasanti Restaurant, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (19/01/2019). Perwakilan UII dihadiri oleh Wakil Rektor IV bidang Networking dan Kewirausahaan, sementara narasumber SEAMEO dihadiri oleh Director of SEAMEO Secretariat, Dr. Gatot Hari Priowirjanto. Universitas Widya Mataram (UWM) sebagai salah satu undangan dalam acara diskusi tersebut diwakilkan oleh Cahya Purnama Asri, S.E., M.M (dosen Program Studi Kewirausahaan dan Kepala Biro III) dan Tommy Satriadi Nur Arifin, S.I.Kom., M.A (dosen Program Studi Ilmu Komunikasi).

Acara ini dihadiri oleh 25 peserta yang berasal dari perwakilan perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Yogyakarta. Diskusi ini menjadi ajang untuk mengembangkan serta memperkuat SEAMEO sebagai program jaringan pendidikan yang besar di Asia Tenggara. Dalam pemaparannya, Dr. Gatot Hari Priowirjanto menjelaskan bahwa SEAMEO berdiri atas kesepakatan dari 11 menteri negara ASEAN guna mengadakan berbagai kerja sama antar negara ASEAN di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pengembangan program jaringan pendidikan bagi mahasiswa di ASEAN. Juga sekaligus mempromosikan SEAMEO sebagai program pertukaran pelajar bagi calon guru baik dari perguruan tinggi yang sudah tergabung maupun yang belum tergabung dalam program ini.

“Program pertukaran pelajar ini penting bagi institusi pendidikan di Indonesia, sehingga diperlukan diskusi agar banyak perguruan tinggi bisa lebih mengembangkan jaringan internasional khususnya perguruan tinggi di Yogyakarta”, ungkapnya. Banyak perguruan tinggi yang sudah mengetahui program ini namun belum bergabung. Program pertukaran pelajar di lingkup ASEAN tidak hanya mempererat hubungan persaudaraan antara negara, tetapi juga menumbuhkan pengalaman dan keterampilan yang lebih luas terhadap siswa-mahasiswa yang mendapatkan kesempatan belajar di luar negerinya.

®HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita