Home
news
Ciptakan Budaya Akademik, FH UWM Gelar Bedah Buku

Ciptakan Budaya Akademik, FH UWM Gelar Bedah Buku


Senin, 2020-11-02 - 20:20:15 WIB

Publikasi dalam dunia akademik menjadi suatu keniscayaan. Buku juga merupakan jendela dunia dalam konteks mewujudkan World Class University. Demikian disampaikan Rektor Universitas Widya Mataram (UWM), Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dalam sambutan acara Bedah Buku yang digelar Fakultas Hukum (FH) UWM.

Bedah buku dihadiri para pimpinan universitas dan fakultas, dosen, serta mahasiswa UWM. Dalam pelaksanaannya, acara terbagi menjadi empat sesi yang membedah empat buku diantaranya buku berjudul Perspektif Hukum New Normal: Tinjauan Kritis dengan pembicara Muhammad Fikri Alan, S.H., MH , Pengantar Hukum Ketenagakerjaan: Pekerja Perempuan yang ditulis oleh Elza Qorina Pangestika, S.H., M.H, Ilmu Negara: Falsafah Lahirnya Hingga Runtuhnya Suatu Negara yang ditulis oleh Muhammad Rusdi, SH., M.Hum, dan Penegakan Hukum Dalam Masa Pandemi Covid-19: Serpihan Persepsi di Masyarakat Suatu Negara yang disampaikan oleh Hartanto, SE. SH. M.Hum selaku pembicara.

“Dengan adanya publikasi dan acara bedah buku ini diharapkan budaya menulis buku menjadi budaya akademik yang diikuti oleh dosen-dosen dari prodi lain di UWM,” ujar Anggota Parampara Praja Pemda DIY itu, Senin (2/11/2020) di Pendapa Agung Dalem Mangkubumen.

Prof. Edy menuturkan, dosen muda harus menjadi lokomotif dan leader dalam suatu publikasi buku. Menulis buku merupakan kewajiban, yang hasilnya nanti orang akan mengenal penulis, mengundang menjadi pembicara bahkan mendapatkan royalti.

Beberapa dosen yang dihadirkan sebagai pembedah diantaranya Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum, Erna Tri Rusmala Ratnawati, S.H., M.Hum, Teguh Imam Sationo, SH., M.Sc, dan Aida Dewi, SH., MH.

Dekan FH UWM, Kelik Endro Suryono, SH., M.Hum mengatakan kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-38 FH dan UWM tersebut sebagai upaya menciptakan atmosfer akademis.

“Bedah buku ini untuk merespon semangat para dosen muda di FH dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi,” tukasnya.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita